28 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Dipimpin Presiden Jokowi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden Jokowi memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa.

Dalam upacara ini, Presiden didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.55 WIB dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti laporan kesiapan dari Kombes Pol I Ketut Gede Adi Wibawa. Seluruh peserta kemudian melakukan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi.

Setelah itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, diikuti pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti. Dalam upacara ini juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan ikrar kesetiaan kepada Pancasila, yang dipandu oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Ikrar tersebut menegaskan komitmen untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, sebelum Presiden dan rombongan melakukan peninjauan ke Monumen Pancasila Sakti.

Dalam unggahan di media sosialnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk senantiasa menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ia menekankan bahwa nilai-nilai kebangsaan merupakan amanah yang harus dijaga.

Upacara ini dihadiri oleh para pimpinan lembaga tinggi negara, menteri, kepala staf angkatan, perwakilan negara sahabat, dan keluarga pahlawan revolusi, menegaskan pentingnya menjaga Pancasila sebagai ideologi negara. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru