24 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

KORPRI Kemendikbudristek Gelar Seleksi Kafilah MTQ Nasional Ke VII

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan seleksi Kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional.

Kegiatan berlangsung dari 30 September hingga 2 Oktober 2024 di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta, bertujuan untuk menyiapkan perwakilan Kemendikbudristek dalam MTQ KORPRI Ke VII yang akan digelar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kemendikbudristek, Hanjar Basuki, menegaskan bahwa MTQ lebih dari sekadar perlombaan. “Kegiatan ini merupakan sarana untuk mengaplikasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Hanjar juga berharap agar semangat mencintai dan mempelajari Al-Qur’an dapat melekat pada Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia menyatakan, “MTQ merupakan motivasi untuk lebih mendalami kitab suci kita, mengikuti teladan Rasulullah yang menjadikan akhlak beliau sebagai cerminan Al-Qur’an.”

Kegiatan ini diikuti oleh 104 peserta dari 9 Unit Utama, yang mencakup 68 Satuan Kerja dari pusat dan daerah. Terdapat 16 cabang yang diperlombakan, termasuk Tilawah, Tartil, dan berbagai jenis Kaligrafi.

Dengan adanya seleksi ini, Hanjar berharap dapat menghasilkan Kafilah yang handal dan berkualitas, siap bersaing dengan Kafilah dari Provinsi atau Kementerian/Lembaga lain di tingkat nasional. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru