27 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

Kerja Sama Indonesia-Arab Saudi dalam Misi Bedah Jantung Berlanjut di RS Adam Malik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr Azhar Jaya, bersama Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi, menegaskan komitmen kuat kedua negara dalam bidang kesehatan melalui telekonferensi yang digelar via Zoom, Jumat.

Kegiatan ini berfokus pada misi bedah jantung tahap keempat yang berlangsung di RS Adam Malik Medan.

dr Azhar menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti nyata dari kerja sama yang telah terjalin. Ia mengapresiasi kelancaran misi bedah jantung yang telah dilaksanakan sebanyak empat kali dalam tahun ini, yang bertujuan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Indonesia.

“Saya berterima kasih kepada King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KS Relief) dan Kerajaan Arab Saudi atas bantuan kemanusiaan yang sangat berharga bagi masyarakat yang membutuhkan,” ucap dr Azhar.

Ia juga berharap kegiatan ini tidak hanya memperkuat kerja sama, tetapi juga menjadi sarana transfer pengetahuan antara tim KS Relief dan tim medis RS Adam Malik, sehingga dapat menangani kasus-kasus kompleks secara mandiri di masa depan. dr Azhar berharap agar misi ini dapat diperluas ke rumah sakit di daerah lain seperti Padang dan Makassar.

Dubes Faisal Abdullah mengekspresikan kebanggaan atas keberhasilan kegiatan bedah jantung yang keempat kalinya ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kesehatan RI dan seluruh staf yang telah mendukung kesuksesan kegiatan tersebut. Faisal menegaskan komitmen Kedutaan Besar Arab Saudi untuk terus mendukung kerja sama di bidang kesehatan.

Sementara itu, Dirut RS Adam Malik, dr Zainal Safri, menyatakan harapannya agar misi ini memberikan manfaat signifikan bagi pasien. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk Kemenkes RI dan Bea Cukai Kualanamu yang telah mempermudah proses perizinan bahan medis dari Arab Saudi.

Misi bedah jantung yang dimulai Selasa (1/10/2024) ini menargetkan 15 pasien dewasa dan akan berlangsung hingga Senin (7/10/2024). Dengan kerja sama ini, diharapkan layanan kesehatan di Indonesia dapat terus ditingkatkan dan lebih banyak masyarakat yang terbantu. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru