28 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

RS Adam Malik dan KS Relief Berhasil Operasikan 7 Pasien Jantung

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – RS Adam Malik Medan, bekerja sama dengan tim medis KS Relief dari Arab Saudi, berhasil melakukan operasi bedah jantung pada tujuh pasien dari total 15 yang direncanakan dalam misi keempat ini.

Kepala Instansi Bedah Jantung Terpadu (PJT) RS Adam Malik, dr Tengku Winda Ardini SpJP(K), menyatakan bahwa dalam waktu empat hari, tim telah melaksanakan tujuh operasi bedah jantung kompleks. “Operasi ini meliputi tiga penggantian katup, operasi bypass, penggantian katup aorta, dan perbaikan katup mitral,” ujarnya saat ditemui di Gedung PJT RS Adam Malik, Jumat.

dr Tengku Winda menjelaskan bahwa kasus jantung yang kompleks biasanya tidak dapat ditangani di RS Adam Malik karena keterbatasan fasilitas, bahan medis, dan biaya. Namun, dengan bantuan tim medis KS Relief, operasi pada kasus-kasus sulit ini bisa dilakukan di rumah sakit.

“Tim medis mereka membawa dokter dan perawat, serta perlengkapan medis dan bahan habis pakai untuk mendukung pelaksanaan operasi,” tambahnya.

Misi operasi bedah jantung ini ditargetkan selesai hingga 7 Oktober 2024, dengan harapan dapat memberikan solusi bagi pasien dewasa yang membutuhkan perawatan khusus. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru