29 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Wapres: Fokus Industri Hijau dan Digital Capai SDGs 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Wakil Presiden K H Ma’ruf Amin menegaskan urgensi percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan fokus pada pengembangan industri hijau dan inovasi digital yang berkelanjutan. Pernyataan ini disampaikan saat membuka Konferensi Tahunan SDGs ke-7 di Hotel Fairmont Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengungkapkan bahwa Indonesia telah mencapai 62,5% dari target SDGs, sehingga masih ada 37,5% target yang perlu dikejar hingga tahun 2030. Ia mengajak semua pihak untuk meningkatkan komitmen dan kerja keras dalam mencapai semua target tersebut.

“Industri hijau dan inovasi digital harus menjadi prioritas utama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif serta mencapai tujuan lingkungan dan sosial,” tegas Wapres. Ia juga mendorong inovasi dalam mencari sumber pembiayaan untuk program-program SDGs, termasuk ajakan kepada sektor swasta dan filantropi untuk berkontribusi melalui blended finance.

Wapres mengingatkan bahwa pencapaian SDGs harus terintegrasi dalam perencanaan pembangunan nasional 2025–2029, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045. Keberhasilan dalam mencapai target SDGs pada 2030, lanjutnya, akan menjadi fondasi untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dan mencapai Net Zero Emission pada 2060.

“SDGs bukan hanya soal mencapai target, tetapi juga menciptakan masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam laporan sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menekankan pentingnya inovasi, pendidikan berkualitas, dan pekerjaan hijau dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Ia juga menggarisbawahi peran generasi muda sebagai katalis untuk pertumbuhan ekonomi hijau dan digitalisasi yang berkelanjutan.

Konferensi ini diadakan pada 7-8 Oktober 2024 dengan tema “Inovasi menuju Indonesia Emas: Keterkaitan Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan, dan Industri Hijau.” Acara ini mengumpulkan pemangku kepentingan yang terlibat dalam pencapaian SDGs di Indonesia dan mencakup berbagai festival serta seminar.

Wapres hadir bersama para pejabat tinggi lainnya, termasuk Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan perwakilan dari berbagai kementerian serta pemerintah daerah. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru