26 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Sumut Tambah Koleksi Medali di Peparnas XVII/2024, Tetap Bertahan di Peringkat Empat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Solo (buseronline.com) – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus memperkuat posisinya dalam perolehan medali pada hari kedua Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII/2024.

Hingga Selasa malam, kontingen Sumut menambah enam medali emas, tujuh perak, dan enam perunggu.

Tambahan medali ini membuat Sumut tetap bertahan di posisi empat klasemen sementara dengan total perolehan 11 emas, 9 perak, dan 9 perunggu.

Posisi teratas masih ditempati tuan rumah Jawa Tengah yang kokoh dengan 50 emas, 40 perak, dan 35 perunggu, disusul oleh Jawa Barat dengan 40 emas, 40 perak, dan 41 perunggu.

Riau berada di posisi ketiga dengan 13 emas, 9 perak, dan 19 perunggu. Dua dari enam medali emas Sumut berasal dari cabang olahraga para taekwondo.

Bertanding di Auditorium Universitas Sebelas Maret, emas pertama diraih oleh Anthon Siloam di kelas under 63 kilogram putra. Emas kedua dipersembahkan oleh Fajar Kurniawan di kelas under 58 kilogram.

Tambahan emas ini membuat cabang para taekwondo Sumut mengoleksi total 3 emas dan 1 perunggu.

“Target ini sudah kami rencanakan sejak Peparprov kemarin. Saya bercita-cita mendapatkan medali emas ini untuk bisa masuk ke pelatnas. Persaingan memang ketat, teman-teman juga hebat,” ungkap Fajar haru usai menerima medali emasnya.

Selain para taekwondo, dua medali emas Sumut lainnya diraih dari cabang para angkat berat.

Sri Ramdani yang tampil di kelas 55 kilogram putri sukses menyumbangkan dua medali emas, salah satunya bahkan memecahkan rekor Peparnas.

Di kelas 50 kilogram putri, Nurul Amaliyah menyumbang satu medali perak.

Di cabang para atletik, Eko Saputra menyumbangkan medali emas untuk Sumut di nomor 100 meter putra T12 dengan catatan waktu 11,76 detik.

Emas lain datang dari Mian Sirait yang berhasil menang di nomor 800 meter putra T46 dengan waktu 2 menit 17,24 detik.

Secara keseluruhan, cabang para atletik menyumbangkan 4 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Cabang judo tuna netra juga menambah dua medali perak dan satu perunggu untuk Sumut.

Sahrul Sulaiman menyumbang perak di kelas J2 73 kilogram putra, Marialam Sihotang di kelas J1 57 kilogram putri, sementara perunggu diraih Marten Tri Putra di kelas J1 73 kilogram putra.

Sementara itu, cabor renang menyumbangkan perak melalui Fadli di nomor 200 meter gaya bebas putra S6 dengan waktu 03:44 detik.

Cabang tenis meja menyumbang dua perunggu, masing-masing melalui Putri Yosepha (tunggal putri TT5) dan Henri (tunggal putra TT3).

Dengan perolehan ini, Sumut tetap menunjukkan performa gemilang di Peparnas XVII/2024, siap mempersembahkan lebih banyak prestasi di hari-hari mendatang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru