29 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

15 Ekor Rusa Totol Asal Istana Kepresidenan Bogor Dilepas Pj Sekda

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Pj Sekda Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting, melepas 15 ekor Rusa Totol jinak jenis Axis-axis yang berasal dari Istana Kepresidenan Bogor, di Taman Cadika Pramuka, Jalan Karya Wisata Medan, Rabu. Dari total 15 ekor tersebut, 3 di antaranya adalah rusa jantan, sementara 12 lainnya betina.

Kegiatan pelepasan ini dihadiri oleh perwakilan Istana Kepresidenan Bogor, Abdul Gani Hamumuroafa, serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, T Chairuniza. Pj Sekda Kota Medan berharap, kawanan rusa ini dapat menjadi daya tarik baru bagi masyarakat yang berkunjung ke Taman Cadika yang baru selesai direvitalisasi.

“Rusa Totol yang berkeliaran bebas di Taman Cadika diharapkan menjadi hiburan murah bagi warga. Masyarakat dapat berinteraksi lebih dekat dengan rusa-rusa ini, memberikan makanan, dan menyentuhnya, yang pastinya akan memberi pengalaman yang berkesan,” ujarnya.

Rusa Totol ini memiliki sejarah panjang sejak pertama kali dibawa oleh Gubernur VOC, Sir Thomas Stamford Raffles, dari perbatasan India dan Nepal pada tahun 1814. Kini, koleksi rusa tersebut telah berkembang biak dan jumlahnya mencapai lebih dari 800 ekor di Istana Kepresidenan Bogor.

Selain Rusa Totol, Taman Cadika juga memiliki koleksi satwa unik lainnya, seperti kelinci dan Kura-Kura Sulcata, yang menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru