27 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Etika Berkendara: Mencegah Kecelakaan dan Menyelamatkan Nyawa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Korlantas Polri akan melaksanakan pra Operasi Zebra 2024 untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan menegakkan disiplin berkendara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya etika berkendara, menghormati, menghargai, dan menjaga keselamatan orang lain di jalan raya.

Namun, masih banyak pengendara yang mengabaikan aturan lalu lintas, sehingga membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Operasi Zebra 2024 akan menargetkan seluruh pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua, roda empat, maupun lebih, dengan fokus pada pengurangan angka kecelakaan lalu lintas.

Selain menindak pelanggar, Operasi Zebra 2024 juga bertujuan mendorong perubahan sikap berkendara yang lebih bertanggung jawab. Data Korlantas Polri menunjukkan bahwa kelalaian, seperti tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman, berkontribusi signifikan terhadap tingginya angka kecelakaan setiap tahun.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menekankan bahwa kedisiplinan berkendara tidak hanya menyelamatkan nyawa pengendara, tetapi juga pengguna jalan lainnya. “Kami mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia betapa pentingnya keselamatan lalu lintas. Sebagian besar korban meninggal dunia adalah usia produktif. Jadi kami harapkan keselamatan berlalu lintas menjadi satu kebutuhan,” ujarnya dalam acara Gebyar Keselamatan baru-baru ini.

Diharapkan, selama pelaksanaan Operasi Zebra 2024 yang berlangsung selama dua minggu ke depan, masyarakat dapat lebih peduli akan keselamatan berkendara dan menerapkan etika berkendara dengan baik. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru