27 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Pemerintah Luncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Dalam upaya mendorong kemajuan perekonomian Indonesia, pemerintah meluncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional 2024-2045 di Hotel St Regis Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Inisiatif ini bertujuan untuk mengembangkan talenta nasional di tiga bidang utama: riset dan inovasi, seni dan budaya, serta olahraga.

Peluncuran ini merupakan amanat dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional, serta Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 108 Tahun 2024, yang mengatur perencanaan jangka panjang terkait pengembangan talenta menuju visi Indonesia Emas 2045.

Tatang Muttaqin, Staf Ahli Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), mengungkapkan harapannya agar Gugus Tugas Manajemen Talenta Nasional dapat mengorkestrasi pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan pemanfaatan talenta yang ada. “Kita harus memastikan masyarakat memilih ajang talenta yang kredibel dan terkurasi,” ungkapnya.

Kemendikbudristek saat ini memiliki sistem manajemen talenta yang mencakup lebih dari 130 ribu talenta, dengan proses kurasi yang ketat untuk memastikan keberlanjutan pengembangan.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Amich Alhumami, menekankan pentingnya memaksimalkan potensi di ketiga bidang tersebut. Ia menjelaskan, “Manajemen Talenta Nasional ini akan menghimpun, mengembangkan, dan memberi jalan bagi para talenta untuk mewakili Indonesia.”

Peluncuran ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi antara kementerian dan lembaga terkait, di mana Kemendikbudristek akan mengelola seni dan budaya, BRIN akan fokus pada riset dan inovasi, serta Kemenpora akan menangani manajemen talenta di bidang olahraga.

Peluncuran Desain Besar Manajemen Talenta Nasional ini dilakukan secara serentak oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Deputi Bappenas Amich Alhumami, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Sekretaris Jenderal Kemenpora Gunawan Suswantoro, dan Tatang Muttaqin dari Kemendikbudristek, menunjukkan dukungan kuat terhadap pengembangan talenta di Indonesia. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru