26 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Peparnas XVII 2024: Sumut Sukses Raih 28 Emas dan Pertahankan Lima Besar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Solo (buseronline.com) – Kontingen Sumut sukses mempertahankan posisi lima besar dalam klasemen akhir perolehan medali di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Solo 2024. Acara ini resmi ditutup Sabtu malam dengan Sumut mengumpulkan total 28 medali emas, 26 perak, dan 19 perunggu.

Cabang olahraga para atletik menjadi kontributor utama, meraih 11 medali emas, 9 perak, dan 6 perunggu. Cabor para angkat berat juga mencatatkan prestasi gemilang dengan perolehan 7 emas dan 4 perak. Selain itu, para taekwondo menambah koleksi medali dengan 5 emas, 2 perak, dan 2 perunggu, sementara para renang menyumbangkan 3 emas dan 3 perak.

Sementara itu, cabor lainnya juga memberikan kontribusi, antara lain para judo yang meraih 1 emas, 3 perak, dan 2 perunggu; para catur dengan 1 emas dan 1 perak; serta panahan yang menyumbang 1 perak dan 2 perunggu. Tenpin bowling mencatatkan 2 perak dan 1 perunggu, sementara anggar kursi roda dan tenis lapangan kursi roda masing-masing meraih 1 perak dan 1 perunggu. Cabang para tenis meja berhasil meraih 3 perunggu, dan balap sepeda menyumbangkan 2 perunggu.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, mengapresiasi seluruh atlet dan pelatih atas usaha maksimal yang ditunjukkan dalam meraih medali. “Dari segi perolehan medali, kita mengalami peningkatan dibandingkan Peparnas Papua sebelumnya. Beberapa cabor juga berhasil memecahkan rekor. Untuk cabor yang belum mencapai target, evaluasi akan dilakukan setelah kita kembali ke daerah,” ungkap Alan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Effendy Pohan, juga memberikan apresiasi kepada para atlet. “Saya sangat bangga dengan semangat juang mereka. Keterbatasan bukanlah halangan bagi mereka untuk mengharumkan nama Sumut,” ujarnya.

Jawa Tengah menjadi juara umum Peparnas 2024 dengan 161 emas, 121 perak, dan 124 perunggu. Diikuti oleh Jawa Barat di posisi kedua dengan 119 emas, 116 perak, dan 118 perunggu. DKI Jakarta dan Papua masing-masing menempati posisi ketiga dan keempat dengan perolehan 39 emas, 29 perak, dan 36 perunggu untuk DKI Jakarta, serta 33 emas, 44 perak, dan 40 perunggu untuk Papua. Sumut melengkapi lima besar dengan total 28 emas, 26 perak, dan 19 perunggu. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru