26 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Kebanggaan Pemprov: Kontingen Sumut Raih Peringkat Lima di Peparnas XVII 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Deliserdang (buseronline.com) – Pemprov Sumut mengungkapkan kebanggaan atas prestasi kontingen Sumut yang berhasil meraih peringkat lima pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Jawa Tengah. Kontingen Sumut berhasil mengumpulkan total 73 medali, terdiri dari 28 medali emas, 26 perak, dan 19 perunggu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus, mewakili Pj Gubernur Agus Fatoni, menyampaikan selamat kepada seluruh atlet yang telah berjuang mengharumkan nama daerah. “Kami Pemprov Sumut bangga dan senang, kontingen Sumut berada di peringkat lima. Kami ucapkan selamat kepada seluruh atlet,” katanya saat menyambut kedatangan kontingen Peparnas di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Minggu.

Ilyas menjelaskan bahwa perolehan medali pada Peparnas kali ini meningkat dibandingkan dengan Peparnas sebelumnya di Papua, di mana Sumut hanya mendapatkan 27 medali emas. “Kita sangat mengapresiasi dedikasi para pejuang daerah ini. Ke depannya, kami harapkan prestasi anak-anak kita terus meningkat dan menjadi inspirasi bagi anak-anak Sumut untuk berjuang tanpa batas,” imbuhnya.

Pemprov Sumut berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan atlet di Sumut. “Prestasi ini bukan hanya hasil dari kerja keras atlet, tetapi juga dukungan dari keluarga, pelatih, dan masyarakat. Dengan sikap positif dan semangat persatuan, kita akan terus mendukung perkembangan olahraga di Sumut,” tambah Ilyas.

Atlet cabang olahraga lari, Mian Sirait, yang berhasil meraih dua medali emas dan satu perunggu, mengapresiasi dukungan Pemprov Sumut selama persiapan. “Sambutan yang kami terima sangat luar biasa, menghargai perjuangan kami dalam membawa nama harum Sumut,” ungkap Mian.

Ketua National Paralympic Committee Sumut, Alan Sastra Ginting, juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan Pemprov Sumut. Ia berharap bonus yang diterima atlet Peparnas setara dengan atlet PON. “Harapan kita, atlet Peparnas juga mendapatkan bonus yang sama, tidak ada perbedaan,” tutup Alan.

Sebagai informasi, Sumut mengutus 164 kontingen yang terdiri dari 99 atlet, 34 pelatih, 30 ofisial, dan satu ketua kontingen. Sumut juga meraih prestasi sebagai juara umum pada cabang olahraga Para Taekwondo dengan perolehan 5 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru