28 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Kemendikbudristek Meningkatkan Talenta Nasional Melalui Bimtek SIMT dan Kurasi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Yogyakarta (buseronline.com) – Kemendikbudristek berkomitmen untuk meningkatkan basis data talenta nasional melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) dan Kurasi. Kegiatan ini berlangsung secara serentak di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magetan, Jawa Timur, Kamis.

Bimtek ini diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dengan tujuan meningkatkan pemahaman satuan pendidikan, penyelenggara ajang, dan pengusul kurasi mandiri mengenai mekanisme pengajuan kurasi. SIMT dan Kurasi, yang diluncurkan sejak tahun 2023, berfungsi sebagai pangkalan data talenta nasional yang mendukung pengembangan talenta secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Kepala Puspresnas, Maria Veronica Irene Herdjiono, menjelaskan, “Pusat Prestasi Nasional memiliki tugas untuk mengidentifikasi dan mengembangkan talenta-talenta berpotensi. Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menghimpun informasi terkait talenta-talenta berprestasi.” Dia berharap, kegiatan ini dapat membantu para pemangku kepentingan memahami dan memaksimalkan perannya dalam mendukung Manajemen Talenta Nasional (MTN).

Irene juga mengingatkan pentingnya SIMT dan Kurasi dalam mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045. “Kami ingin memperkenalkan SIMT dan Kurasi serta mengajak seluruh peserta untuk memahami serta menyebarluaskannya,” tambahnya.

Sebagai bagian dari langkah strategis ini, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 108 Tahun 2024 tentang Desain Besar Manajemen Talenta Nasional (DBMTN) pada 30 September 2024. Hal ini diikuti dengan peluncuran Desain Besar MTN 2024-2045.

Saat ini, SIMT telah mencatat sebanyak 130 ribu talenta dari berbagai tingkatan. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori, menyambut baik pelaksanaan Bimtek ini. Dia menekankan bahwa SIMT dan Kurasi akan membantu pelaksanaan pengembangan talenta secara sistematis serta menyediakan database yang lebih akurat.

Theodora Eva Fellena, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP Budya Wacana Yogyakarta, juga menyoroti manfaat dari SIMT dan Kurasi bagi siswa. “Banyak manfaat yang diperoleh siswa kami berupa portofolio dan catatan prestasi dari SIMT sehingga memacu siswa kami untuk lebih berprestasi,” ungkapnya.

Bimtek ini dihadiri oleh Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, satuan pendidikan, perguruan tinggi, dan penyelenggara ajang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang SIMT dan Kurasi kepada semua pihak terkait, serta memfasilitasi pengembangan talenta nasional di Indonesia. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru