30 C
Medan
Jumat, Oktober 18, 2024

Pj Gubernur A Fatoni: Sensus Ekonomi 2026 Kunci Sukses Indonesia Emas 2045

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sensus Ekonomi 2026 akan menjadi kunci untuk memperoleh data akurat yang dapat digunakan sebagai dasar dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni, menegaskan pentingnya sensus ini dalam mendukung pembangunan nasional melalui data yang tepat sasaran.

“Kegiatan sensus ekonomi ini akan memotret seluruh kegiatan perekonomian kita. Menuju Indonesia Emas, diperlukan data yang akurat untuk kebijakan yang efektif,” ujar Fatoni dalam Focus Group Discussion (FGD) di Hotel JW Marriot, Medan, Selasa.

Sensus ini juga dianggap berperan besar bagi dunia usaha karena data yang dihasilkan akan menunjukkan potensi serta peluang investasi di berbagai sektor ekonomi. Sensus Ekonomi 2026 merupakan kali kelima setelah dilaksanakan pada 1986, 1996, 2006, dan 2016, dengan tujuan menyediakan informasi lengkap tentang perkembangan perekonomian Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik Sumut, Asim Saputra, menyampaikan bahwa pada sensus 2026, teknologi informasi akan dimanfaatkan lebih maksimal, mengurangi penggunaan metode konvensional berbasis kertas. Program Satu Data Indonesia (SADA INA) juga akan diperkuat, sehingga seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat dapat mengakses data dengan mudah.

Acara tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Muhammad Armand Effendy Pohan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral Mulyadi Simatupang, dan pejabat lainnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru