31 C
Medan
Selasa, Oktober 22, 2024

Kemenkeu Tegaskan Dukungan UMKM Melalui Partisipasi Gernas BBI/BBWI

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui partisipasinya dalam acara Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) di Sulawesi Selatan, 16-19 Oktober 2024. Dalam acara tersebut, Kemenkeu memberikan dukungan langsung kepada UMKM binaannya yang berasal dari Sulawesi Tengah.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Jufri Rahman, dalam sambutannya saat pembukaan acara, mengungkapkan bahwa program ini memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, terutama di sektor UMKM dan pariwisata. “Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong perkembangan UMKM lokal sekaligus memperkuat pariwisata di daerah,” ujar Jufri.

Pada acara tersebut, Kemenkeu menghadirkan 30 booth UMKM yang merupakan binaan dari Kemenkeu Satu Sulsel serta unit-unit kerja lain seperti Biro Manajemen BMN dan Pengadaan, Direktorat Jenderal Pajak, Bea dan Cukai, serta Perbendaharaan Negara. Selain itu, 50 booth UMKM binaan Provinsi Sulsel turut meramaikan kegiatan ini.

Dalam rangka mendukung UMKM, Kemenkeu telah meluncurkan sejumlah kebijakan strategis, termasuk kebijakan fiskal yang inklusif, pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Dana Bergulir Ultra Mikro (UMi) yang memberikan akses modal dengan bunga rendah. Selain itu, pemerintah juga memberikan kebijakan perpajakan yang lebih sederhana dan ringan bagi pelaku UMKM.

Kemenkeu juga berperan dalam memperkuat kapasitas UMKM melalui pelatihan dan akses ke pasar digital, membantu UMKM agar bisa bersaing di era ekonomi digital. “Melalui program-program ini, Kemenkeu ingin menjadikan UMKM sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar perwakilan Kemenkeu.

Dengan partisipasi dalam Gernas BBI/BBWI ini, Kemenkeu berharap dapat terus mendukung pengembangan UMKM lokal dan memperkuat sektor pariwisata, sekaligus mendorong terciptanya lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru