28.1 C
Medan
Jumat, Oktober 25, 2024

Presiden Prabowo Instruksikan Sinergi Program Kerja Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Presiden Prabowo menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga untuk segera menyusun program kerja masing-masing dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Arahan tersebut disampaikan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna pertama Kabinet Merah Putih, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu sore.

“Saya meminta Saudara-saudara untuk segera menyiapkan program kerja masing-masing. Saya akan terus memantau dan memanggil sewaktu-waktu untuk melakukan koordinasi,” ujar Presiden Prabowo.

Presiden juga menekankan agar Kementerian PPN/Bappenas memastikan bahwa seluruh program kementerian dan lembaga memiliki kontribusi yang nyata dan saling bersinergi. Ia menegaskan pentingnya efisiensi dalam bekerja guna memastikan semua kegiatan berjalan efektif dan berdampak signifikan bagi rakyat.

Dalam sidang tersebut, Prabowo Subianto juga menekankan urgensi swasembada pangan dalam menghadapi ketidakpastian global. “Swasembada pangan menjadi prioritas dasar karena situasi global saat ini tidak menentu. Perang besar bisa terjadi kapan saja, dan kita harus memastikan bahwa kita mampu memberi makan rakyat kita sendiri,” katanya.

Presiden turut memberikan perhatian terhadap percepatan hilirisasi di sektor komoditas. Ia memerintahkan kepada kementerian terkait untuk segera menginventarisasi 26 komoditas vital yang perlu dihilirisasi. “Saya minta kementerian terkait untuk segera menyusun daftar proyek hilirisasi yang perlu diprioritaskan, serta mencari pendanaan agar dapat segera dimulai,” jelasnya.

Selain itu, Prabowo juga menegaskan pentingnya program Makan Bergizi, yang difokuskan pada anak-anak dan ibu hamil. Ia menugaskan Badan Gizi Nasional untuk bergerak cepat dalam merealisasikan program tersebut dan menegaskan komitmennya dalam memastikan kesuksesan program ini. “Bagi saya, Makan Bergizi adalah program strategis. Kita harus satu suara dan yakin dengan program ini,” tegasnya.

Dalam bidang pendidikan dan kesehatan, Presiden meminta kementerian terkait untuk mengoptimalkan teknologi dalam mempercepat transformasi pendidikan serta melanjutkan reformasi kesehatan. Menurutnya, kedua sektor ini adalah wujud nyata demokrasi yang paling cepat dapat dirasakan oleh masyarakat.

Lebih lanjut, Presiden Prabowo menekankan pentingnya pertahanan nasional yang kuat serta penegakan hukum yang tegas. Ia meminta aparat penegak hukum dan lembaga terkait untuk fokus pada pencegahan segala bentuk pelanggaran hukum, termasuk judi online, narkoba, penyelundupan, dan korupsi.

“Penegakan hukum yang tegas dan intelijen yang kuat adalah kunci untuk memitigasi segala ancaman ini,” pungkasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru