31 C
Medan
Sabtu, Oktober 26, 2024

Siswa Sekolah Dasar Jepang Nikmati Pembelajaran Angklung dan Batik di SRIT Tokyo

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tokyo (buseronline.com) – Sebanyak 80 siswa kelas III dari Sekolah Dasar Dai-ichi-hino, Jepang, beserta Kepala Sekolah dan guru, mengunjungi Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), Selasa.

Kunjungan ini bertujuan memperkenalkan budaya Indonesia dan Jepang sekaligus mempererat hubungan antar kedua negara.

“Kegiatan ini diharapkan bisa mempererat persahabatan budaya Indonesia dan Jepang,” ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo, Amzul Rifin.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala SRIT, Ari Driyaningsih; Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud) KBRI Tokyo, Iqbal Mohammad Amrullad; serta Atase Perdagangan KBRI Tokyo, Merry Astrid Indriasari, yang juga Ketua Komite Sekolah SRIT.

Acara ini merupakan kunjungan balasan setelah siswa SRIT mengunjungi SD Dai-ichi-hino pada 2023. Dalam sambutannya, Kepala SD Dai-ichi-hino, Ozeki, menyampaikan harapannya agar siswa dari kedua sekolah menikmati kegiatan lintas budaya ini. Kepala SRIT, Ari Driyaningsih, juga menyebut kegiatan ini sebagai langkah penting untuk memperkenalkan budaya masing-masing negara sejak usia dini.

Dalam kegiatan ini, siswa SD Dai-ichi-hino menampilkan lagu dan bermain seruling, sementara siswa SRIT mempersembahkan tarian tradisional dan atraksi pencak silat. Puncak acara diisi dengan kegiatan kelompok yang meliputi bermain angklung, menggambar motif batik, dan mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Para siswa, terutama dari SD Dai-ichi-hino, tampak sangat antusias, karena kegiatan ini menjadi pengalaman unik dan berharga bagi mereka.

Di akhir acara, beberapa siswa berbagi kesan mereka. Sebagian besar menyatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan berharap kunjungan budaya ini bisa menjadi tradisi tahunan. Harapan ke depan, interaksi budaya ini akan terus berlanjut untuk mempererat persahabatan dan kerjasama antara Indonesia dan Jepang. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru