28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Perpisahan Kelas IX SMP Immanuel Medan Diwarnai Tangisan, Saling Merangkul dan Menguatkan Satu Dengan yang Lain

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Samosir (buseronline.com) – Pelaksanaan retreat dan perpisahan kelas IX SMP Swasta Kristen Immanuel Medan TP 2022-2023 diadakan pada tanggal 15-17 Mei 2023 di Sopo Agape, Tomok, Kabupaten Samosir.

Kepala Sekolah SMP Swasta Kristen Immanuel Medan Dra Krista Panjaitan mengatakan kegiatan ini diikuti 34 murid dan delapan guru SMP Immanuel Medan.

“Semua murid terlihat bahagia dan sukacita dari tawa dan canda yang dilakukan. Kemudian makan malam dan melaksanakan ibadah pembukaan pada pukul 19.00 WIB. Melalui ibadah ini murid dan guru diingatkan kembali tentang kasih karunia yang menyelamatkan manusia dan perubahan hidup ke arah yang lebih baik. Murid diteguhkan kembali akan pilihan mengikut Tuhan,” katanya.

Tampak guru yang mengikuti acara tersebut antara lain, Wali Kelas IX B SMP Immanuel Medan E Siahaan SPd, Susiana Silangit SSi MPd, Eni Yusnita Pardede MPd, Alessandro Volta Hutabarat SPd, Adu Sihite SS dan lainnya.

Selama di lokasi acara, pihaknya bersama para siswa melakukan saat teduh, senam bersama, melaksanakan permainan yang sudah disiapkan OSIS dengan beragam hadiah.

Permainan ini melatih kerjasama, mempererat hubungan persahabatan satu dengan yang lainnya serta melatih kepemimpinan diri. Adapun permainan yang dilakukan antara lain tebak singkatan, raja dan ratu, bola tangan, mencari tantangan dan menjawab tantangan, transfer sarung, lempar dan tampung air, dan lain sebagainya. “Semua murid-murid antusias dalam melakukan permainan tersebut,” ucapnya.

Para siswa/i Kelas IX SMP Immanuel Medan sedang menikmati makan malam.
Para siswa/i Kelas IX SMP Immanuel Medan sedang menikmati makan malam.
Para siswa/i Kelas IX SMP Immanuel Medan sedang melaksanakan api unggun.
Para siswa/i Kelas IX SMP Immanuel Medan sedang melaksanakan api unggun.

Ia mengatakan malam puncak dari kegiatan ini diisi dengan ibadah. Ayat Firman yang diambil dari Yohanes 15:1-8 yang menekankan supaya murid-murid menjalin relasi yang baik dengan Tuhan sehingga bisa berbuah banyak. Kelak bisa menjadi berkat dimanapun berada.

“Setelah kotbah murid-murid diminta untuk menyelidiki hatinya, melihat hal-hal yang menghalangi diri memiliki hubungan pribadi yang baik dengan Tuhan sehingga mematikan keinginan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam karakter dan cara belajar untuk mewujudkan cita-cita kemudian menuliskannya dalam sticky note yang akan dibakar saat api unggun sebagai simbolik bahwa halangan, tantangan, sifat yang buruk tersebut tidak lagi menjadi penghalang karena Tuhan yang akan memimpin masa depan sesuai dengan rancanganNya,” ujarnya.

Pada ibadah ini juga dilakukan regenerasi OSIS. Pembubaran OSIS TP 2022-2023 dan pelantikan OSIS TP 2023-2024. Adapun OSIS yang dilantik yakni Christian Siagian (Ketua), Alexander Manurung (Sekretaris) dan Nathania K Simanjuntak (Bendahara).

Pesan dari OSIS sebelumnya supaya OSIS sekarang dapat lebih bertanggungjawab lagi dalam melaksanakan perannya dan disambut oleh OSIS baru yang menyatakan siap untuk melaksanakan tugasnya.

“Puncaknya diakhiri dengan api unggun. Pada kesempatan ini, murid-murid diminta untuk merenungkan dan mengingat kembali masa-masa selama tiga tahun yang dialami di SMP Immanuel Medan. Suka, duka, canda, tawa dan tangis bersama. Saat ini, menjadi momen perpisahan untuk melanjutkan ke sekolah masing-masing demi pencapaian cita-cita. Dalam momen ini semua murid menangis dan terharu. Saling merangkul dan menguatkan satu dengan yang lain,” ungkapnya.

Ia menyampaikan dari kesan dan pesan yang disampaikan oleh murid-murid, mereka menyatakan bahwa retreat dan perpisahan ini sangatlah berkesan, mereka bahagia dan menikmati setiap kegiatan yang dilakukan dalam acara ini dan berpesan satu sama lain supaya jangan mengikuti cara hidup dunia tapi tetap bersandar dan berserah kepada Tuhan. Berpisah secara raga tapi persaudaraan tetap terjalin.

Berita Lainnya

Berita Terbaru