28 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

Tingkatkan Komitmen Pengembangan Profesionalisme Guru, MGMP SMA se-Kabupaten Humbahas Digelar

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Guna meningkatkan komitmen bersama untuk pengembangan profesionalisme guru, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Sumut menyelenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA Negeri/Swasta se Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

MGMP berlangsung dua hari yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kecamatan Parlilitan, Rabu (24/5/2023) hari pertama dan hari kedua dilaksanakan di SMA HKBP Kecamatan Doloksanggul, Kamis (25/5/2023).

Acara dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Drs Alfred Hasiholan Sinaga MSi mengatakan sebagai guru harus bisa menjadi teladan bagi peserta didik dan di lingkungan masing-masing, yang dalam kurikulum merdeka di kenal dengan istilah “mulai dari diri.”

Guru yang berdedikasi dan memiliki kompetensi yang baik pasti akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki profil pelajar Pancasila.

Erbin Sitorus SPd selaku panitia dalam MGMP mengatakan bahwa materi dalam MGMP kali ini adalah Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, yang meliputi Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar Pembelajaran yang akan digunakan nanti pada pelaksanaan Kurikulum Mereka di tahun ajaran 2023/2024.

Dalam menjalankan kegiatan ini, meliputi salah satu persiapan guru untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas serta kewajibannya sebagai petugas profesional, dalam menghadapi kurikulum merdeka belajar yang harus diimplementasikan di sekolah masing-masing.

Selanjutnya, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Panutur Simorangkir SPd mengatakan seluruh Kepala SMA se Kabupaten Humbahas memfokuskan peningkatan kompetensi guru dalam menghadapi pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Humbahas, sehingga kepala sekolah mendukung secara penuh seluruh program peningkatan kompetensi guru.

Dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, adapun pemateri adalah seluruh Wakil Kepala Sekolah yang telah melakukan Studi Tiru ke SMA Negeri 12 Medan pada bulan Maret 2023 yang lalu serta Guru Penggerak angkatan ke-4 dan calon Guru Penggerak angkatan ke-8 serta Pengajar Praktik.

Turut hadir dalam kegiatan MGMP Kepala Seksi SMA dan PK, Doharta Hutabarat SPd MPd, Kepala Seksi SMK Rudyanto Sinaga SE MSi serta seluruh para guru yang berjumlah 475 orang.

Berita Lainnya

Berita Terbaru