28 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

RS Adam Malik Berhasil Lakukan Coiling Aneurisma Perdana pada Pasien Stroke

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik sukses melakukan tindakan coiling aneurisma otak perdana pada April 2023.

Bagian dari layanan aneurisma otak untuk kasus penyakit stroke ini dilaksanakan oleh Divisi Vaskular dan Endovaskular Kelompok Staf Medis (KSM) Bedah Saraf RSUP H Adam Malik, dengan dua ahli bedah saraf vascular, dr M Ihsan Z Tala SpBS (K) dan dr Muhammad Ari Irsyad MKed SpBS (FBSVas).

Tindakan coiling aneurisma otak pertama di RS Adam Malik itu dilakukan terhadap seorang pasien stroke asal Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumut.

dr Ari yang telah melaksanakan coiling aneurisma otak tersebut mengatakan tindakan ini dilakukan dengan metode kateterisasi melalui paha. Metode ini merupakan tindakan minimal invasif dengan cara memasukkan wire atau coil serupa selang yang sangat halus ke dalam kantung aneurisma.

“Tindakan ini seperti pasang ring jantung, pasien akan di kateterisasi melalui lipat paha, kemudian dimasukkan selang kecil ke arah otak,” katanya kepada wartawan.

Ia menambahkan saat ini jumlah kasus aneurisma pecah semakin meningkat. Salah satunya, bisa disebabkan karena perubahan gaya hidup masyarakat.

Selain tindakan coiling aneurisma, tim Bedah Saraf RS Adam Malik juga sudah mengerjakan sembilan kasus aneurisma dengan metode clipping atau operasi buka tempurung kepala sampai Mei 2023.

“Saat ini layanan aneurisma yang paling lengkap di Sumut hanya ada di RS Adam Malik,” kata dr Ihsan. Tak hanya itu, RS Adam Malik pun sudah rutin menangani penyakit pembuluh darah otak lainnya.

Di antaranya, CCF (carotid cavernous fistula), yang menurut dr Ari cukup banyak dirujuk oleh dokter spesialis mata di Sumut. Kondisi ini disebabkan oleh trauma kepala, sehingga mengakibatkan pasien mengalami mata menonjol, bengkak dan merah. Penanganannya juga dilakukan dengan tindakan minimal invasif melalui kateterisasi dari lipatan paha.

Sementara itu, Kepala KSM Bedah Saraf RSUP H Adam Malik Prof Dr dr Ridha Dharmajaya SpBS (K) menegaskan timnya akan terus melakukan langkah-langkah terobosan untuk kasus stroke dan penyakit pembuluh darah otak.

Apalagi, seperti disampaikan Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), RS Adam Malik sudah ditetapkan sebagai pengampu layanan prioritas kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi bagi RSUD provinsi dan RSUD kabupaten/kota di wilayah Sumut dan Aceh.

Setelah menjalani tindakan dan pengobatan, kini pasien laki-laki berusia 68 tahun itu sudah kembali sadar dan dapat tersenyum lagi ketika ditemui di Poliklinik Bedah Saraf Instalasi Rawat Jalan RS Adam Malik setelah menjalani cek ulang kesehatan secara berkala.

Berita Lainnya

Berita Terbaru