29 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Polres Langkat Sosialisasikan Keamanan Laut dan Batas Perairan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Langkat (buseronline.com) – Sat Polairud Polres Langkat, KKP Sumut, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat menggelar sosialisasi keamanan laut serta batas perairan Indonesia-Malaysia kepada nelayan di Kantor Sat Polairud Polres Langkat Jalan Babalan, Kelurahan Brandan Timur, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

Kepada wartawan di Stabat, Kasi Humas Polres Langkat AKP S Yudianto mengatakan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan itu Kasat Polairud Polres Langkat Iptu Heru Ediyanto, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat Tengku Muhammad Auzai, dan Kasi Penanganan, Penindakan dan Penegakan Hukum dari KKP Provinsi Sumut Jhoni Marudud Silalahi.

Dikatakan Iptu Heru Ediyanto dalam kegiatan itu, sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka untuk menjaga kerukunan dan keselamatan para nelayan Kabupaten Langkat, agar selalu menghindari konflik dan tidak melintasi batas WPP NRI ketika melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan Selat Malaka.

Sementara Kadis Perikanan dan Kelautan Langkat Tengku Muhammad Auzai mengaku pihaknya berharap setelah sosialisasi itu tidak akan ada lagi nelayan asal Kabupaten Langkat yang ditangkap, karena sudah paham mengenai batas-batas perairan Indonesia dan Malaysia. Selain merugikan negara, akunya, penangkapan tersebut juga akan merugikan keluarga para nelayan tersebut.

Ditambahkan Jhoni Marudud Silalahi, nelayan harus memahami batas-batas kewilayahan perairan, karena bila nelayan sudah melewati batas perairan berarti sudah memasuki negara tetangga. Ditegaskan, penangkapan juga akan dilakukan bagi nelayan luar negeri yang masuk ke dalam wilayah perairan Indonesia.

Turut hadir mengikuti sosialisasi tersebut, tokoh masyarakat nelayan M Yusuf, bersama seluruh nelayan di Kabupaten Langkat.

Berita Lainnya

Berita Terbaru