28 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Wali Kota Padangsidimpuan Jadi Keynote Speaker Festival Ekonomi Syariah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Padangsidimpuan (buseronline.com) – Wali Kota kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH MM menjadi Keynote Speaker (Pembicara Utama) di Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) 2023 yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga.

Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium UIN Syahada Padangsidimpuan, bertujuan memperkuat dan mengembangkan ekonomi syariah khususnya Kota Padangsidimpuan.

Rektor UIN Syahada Padangsidimpuan M Darwis Dasopang menyambut baik acara tersebut. Beliau mengungkapkan harapannya bahwa FESyar ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan ekonomi syariah di Padangsidimpuan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Yuliansyah Andrias menyampaikan bahwa Bank Indonesia optimis terhadap pertumbuhan ekonomi syariah.

Acara ini menjadi ajang showcase bagi produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan binaan. Selain itu, terdapat juga talk show yang membahas penguatan ekonomi syariah khusus untuk pesantren.

Sertifikasi halal juga menjadi perhatian dalam acara ini, dan Bank Indonesia siap memberikan fasilitasi melalui Halal Centre.

Disebutkannya, BI Sibolga telah memberikan beasiswa kepada 350 mahasiswa UIN Syahada. Hal ini merupakan upaya untuk mendukung pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang ekonomi syariah.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, yang menjadi keynote speaker dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa Kota Padangsidimpuan yang mayoritas umat Islam. “Konsep ekonomi syariah adalah konsep yang pas,” ucapnya.

Irsan menekankan pentingnya memastikan bahwa praktik jual beli, termasuk pemotongan ayam di pasar, sesuai dengan ajaran Islam.

“Dengan adanya Halal Centre ini dapat menjadi wadah yang tepat melihat kondisi tersebut di pasar-pasar kita, ujarnya.

Ia mengingatkan tentang kerja sama antara tiga daerah, yaitu Padangsidimpuan, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Utara yang difasilitasi oleh Bank Indonesia Sibolga untuk menjaga pasokan cabai dan bawang merah.

Acara Road to FESyar 2023 ditandai dengan pemukulan rebana oleh Wali Kota, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, dan Rektor UIN Syahada sebagai tanda peluncuran Halal Center.

Wali Kota juga secara simbolis menyerahkan Sertifikat Halal Self Declare kepada pelaku UMKM, serta Program Sosial Bank Indonesia kepada Pondok Pesantren.

Hadir Kepala Kejaksaan Padangsidimpuan, Dandim 0212/TS, Kapolres Padangsidimpuan, Ketua MUI, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padangsidimpuan, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Padangsidimpuan, dan peserta FESyar.

Berita Lainnya

Berita Terbaru