29 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Belanda Lolos ke Babak 16 Besar, Qatar Gugur di Grup A Piala Dunia 2022

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Qatar (buseronline.com) – Belanda melawan Qatar di laga ketiga Grup A Piala Dunia 2022 dengan skor 2-0. Dalam laga yang berjalan di Stadion Al Bayt, Selasa, 29 November 2022, Belanda mendominasi permainan.

Tercatat, sepanjang babak pertama tim asuhan Louis van Gaal melancarkan 10 kali tembakan ke arah gawang Qatar yang dijaga oleh kiper Meshaal Barsham. Namun, hanya satu saja yang membuahkan gol.

Sedangkan Qatar seolah tertekan dan kesulitan mengembangkan permainan. Mereka bisa melepaskan tiga kali serangan yang mengarah ke gawang, tapi hanya dua saja yang benar-benar tepat menyasar gawang Belanda yang dijaga kiper Andries Noppert.

Lantas gol bagi Belanda datang pada menit 26. Berawal dari serangan di sisi kiri, Davy Klaassen yang mendapat pengawalan memberi umpan ke Cody Gakpo.

Pemain yang membela klub PSV Eindhoven itu lalu menendang bola ke arah kiri gawang yang tidak bisa dijangkau kiper Qatar. Skor berubah 1-0 untuk Belanda.

Serangan demi serangan dibangun tim Oranje. Aksi serupa juga dilancarkan oleh tim tuan rumah, tapi masih bisa diredam oleh barisan pertahanan Belanda yang dipimpin oleh Virgil van Dijk.

Tidak ada gol lagi hingga wasit Bakary Gassama asal Gambia memberikan waktu tambahan babak pertama. Skor 1-0 tidak berubah hingga turun minum. Memasuki babak kedua, situasi tidak berbeda jauh.

Belanda masih menguasai permainan. Gol tambahan pun lahir pada menit 49 lewat aksi gelandang Frenkie de Jong yang memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Memphis Depay di depan gawang. Pemain Barcelona itu mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Unggul dua gol, Belanda mencoba mengatur ritme permainan. Mereka juga melakukan pergantian pemain. Qatar juga mencoba mengubah situasi dengan mengganti pemain di lapangan.

Belanda kembali mencetak gol pada menit 69. Sayang, wasit membatalkan gol tersebut setelah melihat rekaman video ada pelanggaran yang dilakukan pemain Belanda. Skor masih 2-0 untuk tim Oranje.

Hingga menit 90, para pemain Qatar masih kesulitan untuk menembus pertahanan Belanda. Sementara Oranje tak terlalu bermain agresif untuk menambah gol. Walhasil, tak ada gol tercipta di waktu tambahan. Duel Belanda vs Qatar berakhir dengan skor 2-0.

Atas hasil itu, Belanda memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 berkat koleksi tujuh poin. Sementara Qatar yang sudah dipastikan gugur sejak laga kedua menjadi juru kunci dan gagal merebut poin.

Berita Lainnya

Berita Terbaru