26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Pemkab Sergai-PT Socfindo Sinergi Bangun Sektor Pertanian

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Sergai (buseronline.com) – Bupati Sergai H Darma Wijaya mengapresiasi PT Socfindo yang telah menyerahkan bantuan 89 ton pupuk NPK untuk 12 gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kabupaten Sergai di Kantor Kepala Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolokmasihul.

“Gapoktan yang menerima bantuan mengelola lahan seluas 1.786 Ha. Hari ini, bantuan pupuk NPK tersebut diserahkan pihak Socfindo secara simbolis kepada Gapoktan yang berasal dari wilayah Matapao, Bangun Bandar, dan Tanah Besih,” ujarnya.

Menurut Darma Wijaya, pupuk merupakan bagian penting dalam proses produksi petani. Dengan adanya bantuan ini ia berharap, para petani diringankan sekaligus dapat memanfaatkan penggunaannya semaksimal mungkin.

Bantuan ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian PT Socfindo yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasionalnya.

“Apa yang kita saksikan hari ini merupakan bentuk sinergi dan simbiosis positif antara perusahaan dan masyarakat. Untuk membangun daerah, tidak bisa hanya mengandalkan upaya satu pihak, tapi diperlukan kerja sama yang erat. Perusahaan memberi manfaat dan kepedulian kepada masyarakat dan disaat yang sama, masyarakat juga mendorong dan mendukung perusahaan,” katanya.

Ia menyebut, ada banyak hal yang bisa dijajaki untuk mewujudkan sinergi antara perusahaan dan masyarakat.

Contohnya, warga sekitar perusahaan dapat membantu menghindari aktivitas yang merugikan perusahan seperti pencurian hasil kebun, sehingga akan berdampak pada peningkatan hasil kebun.

Dan pada akhirnya, dana corporate social responsibility (CSR) atau dana tanggungjawab sosial perusahaan yang nantinya disalurkan akan meningkat.

“Hal ini juga akan berdampak pada bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) yang diterima pemerintah daerah, dan sangat berguna dalam pembangunan. Sinergi ini pada akhirnya menguntungkan semua pihak,” jelasnya.

Mewakili PT Socfindo, Group Manager II Erikson Ginting menyebut bantuan yang pihaknya berikan ini merupakan upaya untuk memajukan sektor pertanian di Kabupaten Sergai.

Pemberian bantuan ini, lanjutnya, dari PT Socfindo Kebun Matapao, Kabun Bangun Bandar, dan Tanah Besih. Total penerima bantuan ada sekitar 1.417 petani.

“89 ton pupuk tersebut, 26.450 kg diberikan kepada tiga kelompok tani dari Kebun Matapao dengan jumlah 226 petani, Kebun Bangun Bandar 47.050 kg untuk 4 Gapoktan dengan jumlah petani 729, dan terakhir Kebun Tanah Besih 15.800 kg disebar kepada 1 Gapoktan dan 4 kelompok tani dengan total 462 petani,” rincinya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru