28 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Rutan Humbahas Rutin Geledah Kamar Hunian 

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Zero Handphone, Pungli, dan Narkoba (Halinar diwujudkan Rutan Kelas IIB Humbahas. Salah satunya dengan melaksanakan penggeledahan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dipimpin oleh Kepala Rutan Humbahas Herry H Simatupang, didampingi Kepala KPR dan jajaran pengamanan. Kegiatan yang berlangsung pada malam hari ini dilaksanakan secara menyeluruh pada blok-blok hunian.

Memakan waktu selama kurang lebih satu jam, penggeledahan dilakukan pada Blok Mawar, tanpa terkecuali WBP pun juga ikut digeledah dan hasilnya petugas berhasil mengamankan barang terlarang seperti handphone, charger, gulungan kabel, pisau, gunting, kaca, logam-logam dan lain sebagainya.

“Penggeledahan kami lakukan dengan seksama hingga ke setiap sudut kamar hunian dan untuk hasil yang ditemukan selanjutnya akan kami inventarisir dan kemudian dilakukan pemusnahan,” ungkapnya.

Menurutnya, penggeledahan merupakan langkah progressive yang dilaksanakan jajarannya dalam mewujudkan Tiga Kunci Pemasyarakatan dan agar Rutan Humbahas bersih dari Halinar.

Selain melakukan razia secara rutin, Rutan Humbahas juga meningkatkan kewaspadaan dengan memperkuat regu pengamanan, melakukan control keliling satu jam sekali di blok hunian, branggang, kamar staf sel dan daerah steril area.

“Kami berkomitmen untuk terus mewujudkan Rutan Humbahas Zero Halinar, oleh karenanya segala upaya kami lakukan termasuk penggeledahan insidentil yang kami rutinkan setiap minggunya” tutur Herry.

Barang larangan yang berhasil disita itu akan segera diinventariskan dan diamankan dan selajutnya dimusnahkan untuk tidak dapat lagi disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Herry menambahkan, kolaborasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di wilayah Kabupaten Humbahas akan terus ditingkatkan guna mewujudkan harmonisasi penegakan hukum sekaligus meningkatkan integritas petugas Rutan yang semakin proporsional dan profesional.

Berita Lainnya

Berita Terbaru