27 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

Rutan Tarutung Laksanakan Penyuluhan & Pemeriksaan Kesehatan pada 50 WBP

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tapanuli Utara (buseronline.com) – Rutan Kelas II B Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS.

Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang bekerjasama dengan UPT Puskesmas Hutabaginda Tarutung itu dilaksanakan di Aula Rutan Tarutung, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan yakni, penyuluhan dan pemeriksaan HIV/AIDS, skrining TB Paru serta pemeriksaan darah kepada 50 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, Ismet Sitorus menyampaikan kegiatan penyuluhan dan skrining ini bertujuan dalam rangka deteksi dini mengantisipasi penyakit HIV/AIDS dan TB Paru terhadap para WBP. Kegiatan skrining ini merupakan kegiatan yang telah terencana sebelumnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Tim Kesehatan Rutan Kelas II B Tarutung dan Puskesmas Hutabaginda yang selama ini terus membantu dalam mendukung perawatan kesehatan WBP Rutan Tarutung,” ujarnya.

Narasumber kegiatan, dr Rustam Simbolon menyampaikan bahwa kegiatan ini akan secara rutin dilakukan dalam rangka mendeteksi akan potensi seseorang terinfeksi HIV dan TB Paru di dalam tubuhnya.

“Penyuluhan dan skrining ini perlu dilakukan secara rutin. Baik seseorang yang berisiko maupun tidak agar infeksi HIV dapat dideteksi dan ditangani sejak dini sehingga kami dapat melakukan pemetaan sekaligus melakukan pengobatan agar tidak terjadi penularan kepada orang lain,” jelasnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru