26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Serahkan Bantuan Bibit Ternak Sapi dan Kerbau ke Kelompok Tani di Humbahas

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Humbahas (buseronline.com) – Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumut menyerahkan bantuan bibit ternak sapi dan kerbau sebanyak 20 ekor kepada dua kelompok tani di Kabupaten Humbahas.

Untuk bantuan ternak sapi sebanyak 10 ekor diserahkan oleh Agustina Perangin-angin mewakili Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumut kepada Kelompok Tani Marsitoguan, Desa Pariksinomba, Kecamatan Dolok Sanggul.

Sementara, untuk ternak kerbau sebanyak 10 ekor diserahkan kepada Kelompok Tani Ternak Sempurna, Desa Simarigung, Kecamatan Dolok Sanggul.

Penyerahan bantuan ternak itu dihadiri anggota Fraksi Hanura DPRD Sumut Irwan Simamora SH, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Parman Lumban Gaol, dan pengurus dan anggota kelompok tani penerima bantuan.

Irwan Simamora saat diwawancarai usai penyerahan bantuan itu menjelaskan bantuan ternak sapi dan kerbau itu bersumber dari dana APBD Provinsi Sumut TA 2023 di Dinas Perkebunan dan Peternakan. Bantuan yang sama, kata dia, juga telah diberikan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk Kabupaten Humbahas baru dua kelompok tani ini yang bisa kita perjuangkan mendapatkan bantuan ternak sapi dan kerbau. Tapi selain itu, pada tahun ini ada juga program bantuan bibit ternak ayam dan itik, bibit tanaman seperti kopi, durian, jengkol, petai, dan tanaman lainnya. Itu semua berdasarkan permohonan dari masyarakat dan kita sampaikan kepada instansi terkait di Pemerintah Provinsi Sumut,” kata Irwan.

Anggota dewan dari Dapil Sumut IX yang juga Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Humbahas itu mengharapkan program itu bisa berhasil dan bermanfaat buat masyarakat khususnya pengurus dan anggota kelompok tani penerima bantuan.

“Kita harapkan, pengurus dan anggota kelompok tani bisa serius untuk berhasilkan program ini, sehingga nanti ke depannya hakekat dari program ini untuk menambah ketersediaan ternak sapi, atau menambah jumlah pasokan daging, dan ketersediaan pupuk organik yang dihasilkan oleh ternak ini. Jadi kita harapkan, petani bisa merawat dan memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan manfaat buat usaha-usaha pertanian dan juga menambah mata pencaharian pengurus dan anggota kelompok tani,” ucapnya.

Ia mengatakan dalam menjalankan program itu, pihaknya juga melibatkan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Humbahas untuk memfasilitasi dan memantau perkembangbiakan ternak tersebut supaya berhasil dan berkembangbiak dengan baik.

“Kita tetap melihat keberhasilan yang ada. Kalau bantuan ini nanti jadi sia-sia atau gagal, tidak mungkin kita teruskan. Jadi, tetap kita evaluasi. Makanya kita libatkan juga dinas terkait Dinas Peternakan Kabupaten Humbahas, supaya mereka bisa melakukan monitoring dan memfasilitasi untuk mengembangbiakkan ternak tersebut. Termasuk menyediakan konsentratnya (pakan ternak) vitamin, dan obat-obatannya,” pungkasnya.

Mewakili Kelompok Tani Marsitoguan Mangoloi Purba didampingi pengurus dan anggota kelompok tani, menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumut, Pemkab Humbahas dan terkhusus kepada anggota DPRD Sumut Irwan Simamora yang telah berjuang untuk merealisasikan permohonan mereka kepada pemerintah.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Pemprov Sumut, Pemkab Humbahas, dan terkhusus kepada bapak Irwan Simamora atas perjuangannya selama tiga tahun untuk merealisasikan bantuan ini. Apa yang menjadi cita-cita bapak semoga dikabulkan Tuhan,” ucapnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru