28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Pemkab Batubara MoU dengan Universitas Dharmawangsa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Batubara (buseronline.com) – Guna meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Batubara melakukan kerjasama dengan Universitas Dharmawangsa yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka.

Penandatanganan MoU dilakukan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP dan Rektor Dharmawangsa Dr Zamakhsyari yang turut disaksikan oleh Asisten I Setdakab Batubara Rusian Heri dan beberapa Kepala OPD Pemkab Batubara.

Rektor Universitas Dharmawangsa menyampaikan lewat kerjasama ini diharapkan program-program pendidikan di universitasnya bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Batubara, seperti kerjasama dalam hal penelitian.

“Setiap semester ada dana untuk penelitian bekerjasama dengan pemerintah-pemerintah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumut,” ungkap Zamakhsyari.

Sementara, Bupati Zahir mengungkapkan bahwa Pemkab Batubara membuka seluas-luasnya kepada universitas-universitas untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan.

Menurutnya, salah satu terwujudnya MoU pengembangan SDM ketika masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diberikan diskon biaya kuliah 50%.

Hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika jumlah para mahasiswa asal Kabupaten Batubara bertambah banyak kuliah di Universitas Dharmawangsa.

Bupati Zahir juga menyebut kualitas SDM sangat penting karena Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang baik.

“Sumber daya manusia sangatlah penting. Kita punya sumber daya alam yang cukup baik di Indonesia. Kita punya tambang, timah dan nikel. Sesuai dengan instruksi presiden ke depan kita harus ada hilirisasi produk dan hilirisasi sumber daya alam maka diperlukan sebuah teknologi dan memiliki sumber daya manusia. Jadi antara SDA dan SDM digabung menjadi sebuah produk yang bisa dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan,” jelasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru