31 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

222 Orang Periksa Mata di RSK Mata Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sebanyak 222 orang melakukan pemeriksaaan mata dan mendapatkan kacamata gratis di UPTD Rumah Sakit Khusus (RSK) Mata Provinsi Sumut, Minggu (15/10/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes mengatakan pemeriksaan itu memperingati “World Sight Day” (Hari Penglihatan Mata Sedunia) tahun 2023 dengan tema Global “Love Your Eyes” dan tema Nasional “Love Your Eyes at Work”.

Ia mengatakan kegiatan pemberian kaca mata dan pemeriksaan mata gratis ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Penglihatan Sedunia, dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan operasi katarak di Kepulauan Nias.

Pelayanan kesehatan pemeriksaan mata (skrining gangguan penglihatan) tersebut langsung dilaksanakan oleh tim UPTD RSK Mata Sumut termasuk pelayanan kesehatan oleh dokter spesialis mata, didukung Dinas Kesehatan Sumut dan Direktur UPTD RSK Mata Sumut dr Dewi Chailaty MKes.

Pada kesempatan itu juga, dilanjutkan dengan pembagian kacamata gratis kepada masyarakat yang telah melaksanakan pemeriksaan mata. Bagi masyarakat dengan hasil pemeriksaan mata normal diberikan souvenir berupa sunglasses.

Alwi mengatakan masyarakat yang hadir juga dibagikan leaflet berisi informasi tentang kesehatan mata. Diharapkan kegiatan ini memberi manfaat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan mata.

Alwi menyampaikan kegiatan pemberian kaca mata ini dilaksanakan secara serentak di 16 provinsi, oleh Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) dan di Sumut dilaksanakan di UPTD RSK Mata Provinsi Sumut pada 15 Oktober 2023.

Dalam mendukung kegiatan tersebut dilaksanakan juga pemeriksaan vital sign, kolesterol dan KGD yang berkerjasama dengan Puskesmas Sei Agul dan Puskesmas Pulo Brayan Kota Medan.

Dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan sebanyak 222 orang melakukan pemeriksaaan mata dan mendapatkan kacamata gratis. Kemudian, 142 orang mendapatkan pemeriksaan kesehatan vital sign, kolesterol dan KGD.

Alwi mengucapkan terima kasih kepada Gapopin yang telah memberikan peran dan perhatian kepada masyarakat serta membantu dalam membagi kaca mata gratis. “Kepada masyarakat agar tetap menyayangi mata dan menjaga kesehatan mata,” imbaunya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru