26 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Dinas Kesehatan Sumut Selenggarakan Pelayanan BKB

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 12 November. Untuk tahun 2023, tema HKN yang ditetapkan adalah Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.

“Tema tersebut diharapkan dapat mendorong institusi kesehatan bersama para pemangku kepentingan lainnya di bidang kesehatan untuk memperkuat implementasi transformasi kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes kepada wartawan di Medan, Minggu.

Ia mengatakan tujuan dilaksanakan peringatan HKN Tahun 2023 adalah untuk mengakselerasi program kemitraan institusi kesehatan dengan lintas organisasi pemerintah, profesi, dan masyarakat dalam rangka mendukung transformasi Kesehatan.

“Selain itu diharapkan juga HKN ini dapat mendukung gaya hidup sehat pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat,” ujarnya.

Ia mengatakan menyambut HKN 2023, Dinas Kesehatan Sumut akan menyelenggarakan berbagai kegiatan yaitu pelayanan kesehatan BKB, aksi bergizi, skrining massal kesehatan pekerja informal, skrining TBC, donor darah, anjangsana panti sosial/jompo bersama DWP Unit Dinkes Sumut, berbagai perlombaan dan diakhiri dengan festival ayo sehat.

Untuk pelayanan BKB, maka kegiatan diselenggarakan di acara Road Show Bus KPK yang dipusatkan di Area Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) pada tanggal 26-27 Oktober 2023.

Dari pelaksanaan kegiatan tersebut tercatat dilakukan pelayanan khitanan kepada 147 anak, pengobatan spesialistik penyakit dalam kepada 102 orang, pemeriksaan laboratorium sederhana kepada 197 orang dan pelayanan obat kepada 100 orang.

Alwi menjelaskan HKN 2023 adalah momentum untuk menggerakkan seluruh potensi masyarakat dalam mendukung transformasi Kesehatan.

“Transformasi kesehatan adalah agenda besar Kementerian Kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat Indonesia dan untuk itu harus kita dukung bersama dalam pelaksanaannya,” ungkapnya.

Ia menyampaikan pelayanan BKB di acara Road Show Bus KPK merupakan bentuk dukungan untuk kegiatan tersebut sekaligus merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan HKN tahun 2023 di tingkat Provinsi Sumut.

“Kegiatan ini adalah bentuk dukungan kita terhadap acara Road Show Bus KPK dan kita masukkan juga sebagai bagian dari rangkaian HKN 2023,” terangnya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru