29 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Ketua PKK Madina Kunjungi Desa Huta Bargot Dolok, Apresiasi Produksi Batik Ecoprint

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Madina (buseronline.com) – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Madina Ny Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution bersama rombongan mengunjungi rumah produksi kain batik ecoprint di Desa Huta Bargot Dolok, Kecamatan Huta Bargot, Sabtu.

Dalam kunjungan, Eli yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) itu mengapresiasi bentuk kerajinan yang baru dimulai sebulan belakangan.

“Sangat kreatif, saya apresiasi pemerintahan kecamatan, desa dan juga PKK atas inovasi batik ecoprint ini. Apalagi penggeraknya saya dengar dari Ibu PKK. Semoga menjadi contoh bagi desa dan kecamatan lainnya,” ujar Eli.

Eli melanjutkan, pihaknya sangat mendukung kerajinan dan karya seperti itu. Ke depan pihaknya juga akan memantau dan mendorong perkembangan serta akan menyampaikan kepada Bapak (Bupati) mengenai hal itu.

“Semoga dengan atensi kita bersama, program ini bisa sukses dan menjadi produk unggulan di kemudian hari,” ucap Eli.

Pada kesempatan tersebut, Eli juga membeli beberapa helai kain sebagai bentuk dukungan terhadap kerajinan yang dana operasional serta pelatihan itu dialokasikan dari Dana Desa (DD)

“Ini saya beli beberapa helai juga, nantinya mau dijahit buat baju untuk bapak (Bupati), saya dan keluarga,” cetus Eli.

Dalam keterangan resmi Pemkab Madina, Camat Huta Bargot Miswar Husin menyebutkan, bahwa tenaga terampil diundang untuk melatih kaum ibu selama beberapa waktu.

“Baru tahap awal dan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang kita adakan sebelumnya. Dananya bersumber dari DD,” ungkap Miswar.

Bisa dikatakan pelatihan itu katanya, baru tahap eksplorasi sumber daya, baik bahan maupun motif dan jenis kain.

“Saat ini baru ada 3 jenis kain yakni, kain sutra, kain premis dan dobby. Lalu untuk bahan untuk motif batiknya berupa dedaunan tumbuhan yang diperoleh dari lingkungan sekitar,” pungkasnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru