26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Puluhan Siswa SMA di Medan Gelar Sidang “Parlemen Pelajar” di DPRD Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sebanyak 75 siswa/siswi dari berbagai SMA di Medan dipandu dalam rangka menggelar sidang “Parlemen Pelajar”, yang tujuannya untuk lebih memahami politik kebangsaan dan cinta tanah air, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Sumut, Selasa.

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman berjalannya kegiatan DPRD Sumut, seperti sidang paripurna, rapat fraksi, rapat pimpinan dan lainnya, sehingga nantinya para siswa menjadi generasi muda yang cerdas dalam berpolitik.

“Saya meminta agar generasi muda, dalam menggunakan hak politiknya bisa memperkuat wawasan kebangsaan dan cinta tanah air dalam bingkai NKRI,” katanya sembari menambahkan, pendidikan politik bagi kaum muda sangat diperlukan, sebab saat ini anak muda cenderung apatis dan tidak peduli dengan hal-hal yang berbau politik.

Perlu dipahami, tambah politisi PDI Perjuangan ini, politik itu tujuannya mencerdaskan serta mencapai kesejahteraan rakyat, mencerahkan, menguatkan persatuan dan kesatuan, sehingga generasi muda harus mengerti tentang etika politik dengan mengedepankan politik yang berbudi pekerti luhur dan bermoral.

Menurutnya, para generasi muda harus kritis dan aktif menyuarakan aspirasi melalui koridor yang telah dijamin dalam konstitusi, sehingga dengan acara tersebut akan diketahui, bagaimana keresahan anak muda saat ini.

“Dalam forum ini, saya sangat bangga mendengarkan para pelajar menyampaikan aspirasinya dengan lantang. Bahkan lebih vokal dari anggota DPRD Sumut,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta “Parlemen Pelajar Bersama Bang Bas” Hafizah Ramadhani mengatakan dirinya merasa bangga menjadi peserta kegiatan tersebut, karena telah diberikan pemahaman menjalankan sidang paripurna, rapat fraksi maupun rapat dewan lainnya.

Hal senada juga disampaikan siswa lainnya Adysha Qatrunnad mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pengalaman pertama dan tak terlupakan baginya.

“Banyak teman-teman saya bertanya, kapan lagi dibuat acara serupa, sebab kegiatan ini sangat berguna. Para siswa jadi mengetahui seperti apa suasana di Gedung DPRD Sumut,” pungkasnya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru