31 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Pemkab Pakpak Bharat Gelar Pelatihan Pemandu Arung Jeram

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pakpak Bharat (buseronline.com) – Kabupaten Pakpak Bharat memiliki potensi yang cukup menjanjikan pada sektor destinasi minat khusus, arung jeram.

Pemkab Pakpak Bharat menggelar pelatihan pemandu arung jeram di Sungai Lae Ordi, Desa Mbinanga Boang, pada 12-14 Desember 2022 yang melibatkan puluhan peserta dengan persiapan dan keinginan yang kuat.

Plt Asisten Il Pemkab Pakpak Bharat Bidang Ekonomi dan Pembangunan dr Thomas MM menyebutkan wilayah Pakpak Bharat sekitarnya memiliki potensi yang cukup menjanjikan pada sektor destinasi minat khusus, arung jeram.

Spot arung jeram atau rafting di Pakpak Bharat semakin bermunculan, ketersediaan pemandu untuk olahraga ini juga semakin dibutuhkan oleh wisatawan.

“Kita berterima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pakpak Bharat yang telah membuat kegiatan ini untuk melihat peluang tersebut dan memberikan pelatihan kepada sejumlah peserta yang hadir sebanyak 40 orang,” katanya di Serbaguna Salak, Rabu (14/12/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pakpak Bharat Drs Bambang Banurea mengungkapkan bahwa perlu untuk membenahi dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pengembangan pemandu wisata arung jeram di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Seiring dengan meningkatnya minat wisatawan terhadap sebuah aktifitas yang memadukan unsur petualangan, edukasi, olahraga, dan rekreasi, telah menjawab akan besarnya minat para wisatawan terhadap olah raga minat khusus ini,” ujarnya.

Spot arung jeram atau rafting di Pakpak Bharat semakin bermunculan, ketersedian pemandu untuk olah raga ini juga semakin dibutuhkan oleh wisatawan.

Pelatihan pemandu arung jeram di Pakpak Bharat tambah Bambang, masih terbilang sangat minim. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pemandu arung jeram yang telah bersertifikasi masih sangat sedikit.

“Pakpak Bharat merupakan salah satu kabupaten di Indonesia dengan menaruh perhatian khusus pada sektor pariwisata. Hal ini didukung dengan banyaknya pilihan destinasi dan atraksi wisata yang ada di Pakpak Bharat,” ungkapnya.

“Potensi ini tentu saja harus bisa kita manfaatkan dengan baik. Salah satu bentuk dari pemanfaatan potensi tersebut adalah dengan peningkatan SDM melalui pelatihan bagi para pemandu arung jeram yang ada,” tambahnya.

Pelatihan pemandu arung jeram (rafting), sebut bambang harus berkesinambungan, agar dampak yang ditimbulkan dapat dikontrol dan terus bisa diawasi.

“Kami sangat berharap pelatihan ini dapat menghasilkan sebuah pemahaman baru. Melalui pelatihan ini pula, kami berharap akan menghasilkan pemandu arung jeram yang profesional,” harapnya.

Berita Lainnya

Berita Terbaru