27 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

UDA Medan Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Universitas Darma Agung (UDA) dan Akademi Pariwisata Perhotelan (APP) Darma Agung menggelar prosesi wisuda bersama yang digelar di Pardede Hall, Jalan DR TD Pardede, Kota Medan. Sebanyak 1.153, wisudawan yang terdiri dari Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya, ikut ambil bagian dalam kegiatan yang dibuka Ketua Senat UDA Assoc Prof Dr Gomgom TP Siregar SH MH.

Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung (YPDA) Partahi Siregar SH mengatakan kegiatan ini merupakan momen bersejarah, di mana 1.118 lulusan dari 22 program studi UDA dan 35 lulusan dari APP Darma Agung siap melangkah ke tahap baru dalam hidup mereka.

“Untuk itu, ucapan selamat yang tulus saya sampaikan kepada para wisudawan/i yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di UDA dan APP Darma Agung ini. Prestasi ini bukan hanya milik ananda sendiri, tetapi juga merupakan kebanggaan bagi almamater, keluarga, dan seluruh stakeholder yang telah turut serta dalam perjalanan pendidikan ini,” ucapnya.

Ia mengatakan YPDA juga terus berkomitmen melalui kedua institusi ini untuk mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar dan masyarakat. “Kami mendorong keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengabdian masyarakat untuk mengasah kemampuan interpersonal dan kepemimpinan mereka,” ujarnya.

Sementara, Rektor UDA Dr Muhammad Ansori Lubis SH MM MHum menyampaikan bahwa para alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar UDA. “Pada hari ini 8 fakultas dan 1 Program Pascasarjana, menghasilkan lulusan sebanyak 960 orang Strata 1 dan 1 orang Diploma III serta, program Pascasarjana sejumlah 157 orang Magister. Pada kesempatan ini, di antara lulusan yang diwisuda pada hari ini, ada 14 orang lulusan terbaik atau berprestasi, yaitu 1 wisudawan tingkat Universitas dan 8 wisudawan tingkat Fakultas serta 5 orang wisudawan tingkat Magister sehingga ditetapkan sebagai wisudawan terbaik pada wisuda tahun 2023,” ujarnya.

Tampak hadir di acara tersebut, Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah I Prof Drs Saiful Anwar Matondang MA PhD, Direktur APP Darma Agung Ivan Benedict Tambunan AmdPar SE MM, mewakili Kapolda Sumut, mewakili Pangdam I/BB, mewakili Pj Gubernur Sumut dan lainnya.

Pada kesempatan ini, Ivan Benedict Tambunan melantik Dr Andi Wete Polili MHum sebagai alumni prodi usaha perjalanan wisata dan juga Rikki Hamdan Saragih yang tidak dapat hadir karena sedang menjalani program culture exchange (pertukaran budaya) di Miami, Amerika Serikat dan merupakan suatu kebanggaan yang mengharumkan nama Darma Agung. “Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung satu-satunya yang lulus/terpilih di Sumut tahun 2023 dalam program J1 Visa Amerika,” ungkapnya.

Sedangkan, Kepala LLDikti Wilayah I Prof Drs Saiful Anwar Matondang MA PhD berharap ke depan UDA bisa menjadi kampus yang unggul, setelah saat ini dinilai sudah menjadi yang terbaik. “Apalagi UDA baru melahirkan satu lagi guru besar yang terhitung cepat yakni Prof Elisabeth Sitepu. Ini merupakan kebanggaan. Selain itu, satu lagi dari UDA juga sudah tercatat sebagai Lektor Kepala yakni Dr Anshori. Ke depan diharapkan UDA terus meningkatkan jumlah Lektor dan Lektor Kepala,” sebutnya.

Sebagai penutup kegiatan, turut diserahkan plakat penghargaan kepada 7 pendidik UDA yang berprestasi, diantaranya Prof Dr Elisabeth Sitepu MSi atas prestasi gelar profesor dalam bidang Pendidikan Agama Kristen. Dr Runggu Besmandala Napitupulu SE MSi atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen. Dr Lamminar Hutabarat SE MM, atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen.

Kemudian, Dr Prietsawenny RT Simamora SSos MSi, atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen. Dr Hiace Vega Fernando Siahaan SS MHum, atas raihan gelar doktor dalam bidang linguistik. Dr Sabar LT Simatupang MM, atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen pendidikan. Dr Rudolf Silaban SKom MH atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu hukum. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru