26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Puluhan Orang Ikuti Skrining Kanker Payudara dan Leher Rahim di RS Adam Malik

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Sebanyak 45 pegawai perempuan dan istri pegawai RSUP H Adam Malik menjalani skrining kanker payudara dan leher rahim di Gedung Paviliun Lantai 1 RSUP H Adam Malik, Senin (19/12/2022).

Kegiatan yang melibatkan puluhan dokter terdiri dari spesialis obgyn, bedah onkologi, perawat dan petugas penunjang lainnya tergabung dalam Tim Pelaksanaan Skrining Kanker Payudara dan Leher Rahim di RSUP H Adam Malik.

Ketua Tim Pelaksanaan Skrining Kanker dr Deri Edianto MKed (OG) SpOG (K) menyebutkan pekan skrining kanker ini sesuai dengan program Kemenkes RI tentang deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 94 dan HUT ke 23 DWP.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan, khususnya dalam upaya penurunan insidens kanker payudara dan kanker leher rahim,” ujarnya.

Ia menyebutkan jumlah skrining di Indonesia cukup rendah. Rendahnya angka skrining kanker serviks di Indonesia membawa permasalahan tersendiri. Alhasil, 80 persen pasien yang datang ke rumah sakit sudah dengan stadium lanjut.

“Pasien kanker serviks yang sudah stadium lanjut umumnya memiliki harapan hidup yang rendah. Semakin cepat diketahui, harapan hidupnya semakin tinggi,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUP H Adam Malik Dr dr Fajrinur SpP(K) MKed (Paru) dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUP H Adam Malik dr Cherry Siregar MKedClin SpMK.

Berita Lainnya

Berita Terbaru