26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Pemkab Pakpak Bharat Bagikan Alat Belajar pada Siswa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pakpak Bharat (buseronline.com) – Pemkab Pakpak Bharat membagikan ribuan paket peralatan belajar bagi siswa-siswi TK/PAUD, SD, dan SMP se Kabupaten Pakpak Bharat.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor berpesan kepada seluruh siswa, para guru dan orang tua siswa yang hadir dalam acara ini, bahwa keterbatasan yang ada saat ini jangan menjadi rintangan bagi anak-anak Pakpak Bharat dalam menggapai mimpi dan cita-mereka.

“Saya melihat tadi ada anak SD dari Lae Ikan, katanya, pintar berhitung, dia punya cita-cita tinggi. Saya minta perhatikan itu, tingkatkan terus, asah terus kemampuannya. Sekali lagi jangan jadikan keterbatasan yang ada menjadi penghalang cita-cita, semangat terus dijaga,” pesannya, Rabu (21/12/2022).

Ia juga menjelaskan bahwa di 2022 ini Pemkab Pakpak Bharat memperoleh kucuran Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan RI.

“Tahun ini kita memperoleh DID yang sebagian kita pergunakan untuk pembiayaan pembangunan sumber daya manusia, diantaranya dengan pemberian berbagai keperluan belajar ini, ada buku-buku, tas, pensil, buku gambar dan sebagainya, silahkan dipergunakan dengan baik ya anak-anakku sekalian, tetap semangat belajarnya,” ujarnya.

Senada dengan Bupati, Bunda PAUD Pakpak Bharat Ny Juniatry Franc Tumanggor mengungkapkan kucuran dana DID ini adalah berkat tingginya sinergitas Pemkab Pakpak Bharat dengan pemerintah pusat.

“Berkat dukungan kita semua, adanya sinergitas yang kuat antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat sehingga kita peroleh dana DID ini, yang sebagiannya dialokasikan untuk kemajuan pendidikan, terus dukung dan doakanlah Pemerintah ini,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat Drs Manihar Tumanggor MPd menjelaskan total 8.639 pelajar SD dan SMP se Kabupaten Pakpak Bharat menerima masing-masing 10 buah buku tulis.

Sementara untuk pelajar TK dan PAUD diberikan tas sekolah, buku gambar dan alat mewarnai dengan total 1.814 orang siswa.

“Semua ini bersumber dari dana DID yang diperoleh Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022 ini, kalau tidak dari mana kita bisa dapatkan dana sebesar ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemkab Pakpak Bharat menerima kucuran DID dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan atas capaian kinerja pada tahun berjalan 2022. Capaian kinerja ini diantaranya berupa capaian pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tepat waktu.

Sebagian dana ini kemudian dipergunakan oleh pemerintah dalam pembiayaan sektor SDM diantaranya pembelian buku tulis SD dan SMP, pemenuhan sarana belajar PAUD, pemberian tas sekolah PAUD, pemberian makanan tambahan dan pencegahan stunting dan pengadaan SPALD yang bertujuan untuk menurunkan angka stunting dan mempersiapkan generasi emas Pakpak Bharat yang berkualitas.

“Kami selaku orang tua siswa, kami menyadari betul kekurangan dan ketidak mampuan kami dalam mendorong pendidikan anak-anak kami ini. Semoga bantuan-bantuan dari pemerintah baik pusat terlebih pemerintah daerah, yang kami lihat terutama dalam masa kepemimpinan bapak Franc Bernhard Tumanggor ini, selalu memperhatikan kami, terimakasih,” ucap Asdin Banurea, orang tua pelajar di Salak.

Acara pembagian tersebut digelar di Aula Bale Sada Arih, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat ini turut dihadiri Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Rocky H Marpaung SIK MH, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para Kepala Sekolah dan tamu undangan lainnya, Selasa (20/12/2022).

Berita Lainnya

Berita Terbaru