28 C
Medan
Minggu, September 22, 2024

Kapolri: TNI-Polri Siap Berikan Rasa Aman dan Nyaman pada Masyarakat Rayakan Nataru

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2022 dilaksanakan pemerintah, TNI, Polri dan stakeholder terkait lainnya dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa seluruh personel TNI-Polri dan pihak terkait lainnya siap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat ketika merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan gabungan dari TNI, Polri dan seluruh stakeholder yang terkait untuk memastikan bahwa personil siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dan juga tentunya kesiapan dari sarana prasarana ataupun alutsista,” ujar Kapolri.

Apel gelar pasukan ini sendiri, dikatakan Kapolri merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan kepada TNI, Polri dan jajarannya untuk memastikan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru berjalan aman tanpa ada gangguan.

“Dan tentunya ini adalah personil gabungan. Kemudian juga terbagi di dalam pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu. Sehingga kemudian kita harapkan bahwa seluruh pos yang tergelar tersebut betul-betul bisa memberikan rasa aman dan nyaman,” lanjut Kapolri.

Di sisi lain, Kapolri juga tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi booster. Mengingat, sampai saat ini masih berlangsung pandemi Covid-19.

Dalam Operasi Lilin 2022, disiapkan juga gerai-gerai vaksinasi untuk warga yang hendak melakukan vaksinasi booster.

“Kemudian juga tentunya karena Covid-19, walaupun sudah masuk ke PPKM Level I, namun dengan adanya varian baru selain mengimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi boster kita tetap mempersiapkan gerai-gerai vaksin,” ucapnya.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut pihaknya mengerahkan 20 ribu prajurit dari tiga matra TNI demi mengamankan Natal dan Tahun Baru di seluruh Indonesia.

“Tentunya di samping kita membekalkan personil pengamanan, juga kita siapkan alat tempur material alutsista, di antaranya tiga kapal rumah sakit kita stand by kan untuk antisipasi dalam pelaksanaan Nataru ini,” ujar Panglima Yudo.

Demi semakin menciptakan rasa aman bagi warga, Panglima serta Kapolri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa melaporkan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, hingga pihak RT saat hendak meninggalkan rumahnya ketika merayakan momentum libur akhir tahun.

Berita Lainnya

Berita Terbaru