26 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Piala Asia 2023: Irak Pulangkan Vietnam Dengan Tangan Hampa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Doha (buseronline.com) – Timnas Irak memulangkan Timnas Vietnam dengan tangan hampa di match day terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Jassim Bin Hamad Stadium.

Pertandingan Irak lawan Vietnam ini berlangsung dengan seru dan berakhir dramatis karena kedua kubu saling balas mencetak gol. Satu kartu merah juga diberikan untuk Khuat Van Khang.

Gol-gol Irak dicetak Reib Sulaka dan Aymen Hussein (brace). Sementara gol Vietnam dihasilkan Bui Hiang Viet Anh dan Nguyen Quang Hai.

Hasil ini membuat Irak menjadi pemuncak klasemen Grup D dengan raihan sembilan angka. Sementara Vietnam pulang dari Piala Asia 2023 dengan status sebagai juru kunci dan tak bisa meraih poin sama sekali.

Di laga ini, Timnas Vietnam sukses mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-17. Zaid Tahseen mencetak gol bunuh diri.

Tapi wasit kemudian menganulir gol tersebut. Sebab dalam prosesnya, Van Khang terjebak offside lebih dahulu.

Vietnam akhirnya bisa mencetak gol secara sah. Pada menit ke-42, Bui Hoang Viet Anh menyambar tendangan bebas Khuat Van Khang di kotak penalti.

Namun setelah itu Vietnam harus bermain dengan 10 pemain saja. Sebab Khuat Van Khang mendapat kartu merah usai mengoleksi dua kartu kuning.

Irak langsung memanfaatkan momentum ini. Dua menit usai babak kedua dimulai, mereka bisa mencetak gol melalui tandukan Rebin Sulaka, memanfaatkan sepak pojok Ali Jasim.

Irak kemudian mencetak gol lagi pada menit ke-74. Ali Jassim mengirimkan umpan silang dan umpannya itu disambut tembakan first time Aymen Hussein.

Menit ke-84 Irak mendapat hadiah penalti. Tapi eksekusi Aymen Hussein cuma membentur tiang kiri gawang Vietnam.

Saat merasa akan menang, gawang Irak malah kebobolan pada menit 90+2. Gawang mereka dijebol oleh Nguyen Quang Hai. Ia memanfaatkan bola liar hasil sundulan Thanh Binh.

Laga tampak akan berakhir dengan skor imbang. Tapi pada menit 90+11, Vo Minh Trong melakukan pelanggaran di kotak penalti. Vietnam pun diganjar penalti.

Eksekusi dituntaskan dengan sukses oleh Aymen Hussein semenit kemudian. Gol itu jadi penutup pertandingan dramatis ini. Irak 3-2 Vietnam. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru