31 C
Medan
Sabtu, September 21, 2024

RSJ Prof Dr Ildrem Sumut Persiapkan Tempat Caleg yang Alami Gangguan Kejiwaan Akibat Gagal

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr Ildrem Provinsi Sumut telah mempersiapkan tempat untuk calon legislatif (caleg) yang stres atau mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal dalam pertarungan di Pemilu 2024.

Direktur RSJ Prof Dr Ildrem Sumut drg Ismail Lubis MKes mengatakan pihaknya bersiap menambah 100 tempat tidur (bed) untuk mengantisipasi caleg stres tersebut.

“Kami di rumah sakit jiwa ini jauh dari momen Pilpres dan Pileg ini kita sudah siap. Kita punya kapasitas tempat tidur 300 dan akan ada penambahan 100 tempat tidur lagi. Namun kita berharap kepada caleg ini harus kuat. Sementara itu untuk mengatasi agar tidak mengalami gangguan jiwa usai gagal, harus menjunjung tinggi sportivitas yaitu siap menang siap kalah sehingga mental ini siap menghadapi hal-hal yang akan terjadi,” kata Ismail.

Saat ini sambung Ismail, ada 267 jumlah pasien yang di rawat di RSJ milik Pemprov Sumut tersebut dimana 20 tempat tidur lagi untuk untuk layanan NAPZA. Untuk kelas 1 ada 10 tempat tidur, kelas 3 sebanyak 162 tempat tidur, kelas 2 ada 80 tempat tidur. Ditambah gedung depan akan 100 tempat tidur lagi.

“Perlu saya sampaikan juga bahwa rumah sakit sakit jiwa ini bukan panti. Karena selama ini, keluarga pasien menjadikan rumah sakit ini panti. Padahal kesembuhan pasien itu harus adanya kerjasama antara keluarga dan dokter penanggung jawab disini. Begitu pasien pulang ke rumah, jangan lagi ada stigma, tetapi mari melakukan kontrol rutin agar pasien makan obat secara teratur agar mereka bisa produktif seperti kita,” terangnya.

Ia menuturkan selama ini, di mata masyarakat RSJ hanya melayani pasien dengan gangguan jiwa. Padahal menurutnya di RSJ punya layanan yang lain yakni ada dokter layanan anak, dokter penyakit dalam, dokter gigi, dokter neurologi, dokter kulit dan dokter radiologi.

“Ke depan di RSJ ini sesuai transformasi layanan kesehatan nanti ke daerah seperti Puskesmas-puskesmas,” tambahnya. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru