27 C
Medan
Sabtu, Oktober 5, 2024

Baskami Ginting Dorong Transformasi Digital Wujudkan Keunggulan Ekonomi Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendorong upaya transformasi digital dalam mewujudkan keunggulan ekonomi Sumut demi mencapai kesejahteraan masyarakat serta peningkatan pembangunan yang maksimal.

Hal tersebut disampaikan Baskami Ginting kepada wartawan, di DPRD Sumut seusai mengikuti Forum Group Discussion (FGD) “Strategi Transformasi Digital untuk Pengendalian Inflasi dalam mewujudkan Ketahanan Nasional” di Pemprov Sumut.

“Transformasi digital harusnya tidak hanya meliputi pelayanan publik saja, akan tetapi juga harus meliputi, pertanian, UMKM, pendidikan, kesehatan, logistik dan pariwisata, sehingga, selain sebagai akselerator dan fasilitator, juga pemanfaatan teknologi digital guna mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital,” katanya.

Baskami menegaskan, potensi pertanian, perikanan, perkebunan yang besar harus terintegrasi dengan transformasi digital, sehingga tercapai efisiensi dan efektifitas bahan baku, guna mendorong tingkat produktifitas serta penetrasi di pasar.

Di bidang UMKM misalnya, tambah Baskami, digitalisasi mampu memperbesar skala ekonomi UMKM, menambah varian dan kontinuitas produk serta memperluas akses pembiayaan.

“Pariwisata kita juga harusnya menggeliat dengan adanya transformasi digital yang berkelanjutan ini, mengingat Sumut memiliki banyak destinasi wisata super prioritas,” ungkapnya.

Selain itu, ujar politisi PDI Perjuangan Sumut ini, transformasi digital juga sangat efektif mewujudkan konektivitas antar daerah di Sumut. Misalnya ada satu daerah di Sumut mengalami over supply komoditas cabai, sementara yang lain mengalami kelangkaan cabai, dengan konektivitas itu, masalah cabai bisa ditindaklanjuti.

Berkaitan dengan itu, ujar Ketua Baguna DPD PDI Perjuangan Sumut ini, untuk mencapai transformasi digital, pembangunan harus dilakukan beriringan, sehingga di saat bersamaan harus bisa mengadopsi teknologi dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru