26 C
Medan
Minggu, Oktober 6, 2024

Dinkes Sumut Catat 9 Orang Mendapat Perawatan saat F1 Powerboat

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Dinas Kesehatan Sumut mencatat sembilan orang di seputaran lokasi pergelaran F1 Powerboat 2024 Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, mendapat perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan MKes menyampaikan, kesembilan orang tersebut terdiri dari satu pasien trauma center dan delapan pasien publik medical.

“Satu orang pasien trauma center adalah crew, dengan dislokasi pergelangan kaki kanan. Sudah ditangani, reposisi dan diimmobilisasi dengan elastic verband dan diberi obat untuk menghilangkan rasa sakit,” kata Alwi kepada wartawan.

Ia menyampaikan delapan orang yang ditangani di public medical, terdiri dari tujuh pasien dengan sakit ringan dan satu orang kecelakaan lalulintas terjatuh dari sepeda motor. “Sudah dirujuk dan ditangani di RS HKBP Balige, Sabtu (2/3/2024),” sambungnya.

Pada kesempatan ini, Alwi Hasibuan menjelaskan alur rujukan di pergelaran F1 Powerboat yaitu skema I. Race Venue Accident-Trauma Center Balige (Toba) dilakukan stabilisasi dan penanganan-membutuhkan perawatan lanjutan emergency rujukan ke RSUD HKBP Balige -+ 10 menit/RSUD Porsea -+ 30 menit dan kembali ke team official.

Skema II. Race Venue accident-Trauma Center Balige (Toba) dilakukan stabilisasi dan penanganan-emergency berat melalui jalur darat ke helipad Basarnas Toba di Kantor Bupati Toba-Helikopter dari Toba ke bandar udara Lanud Soewondo diterima ambulance untuk dibawa ke RSUP H Adam Malik -+ 30 menit/-rujukan terdekat RSU Siloam Hospital/RSU Regina Maris Medan -+ 15 menit.

Kemudian, Trauma Center dilengkapi mini ICU, emergency kit, obat-obat lasa + high alert, dr Spesialis Orthopedi, dr Spesialis Bedah Umum, dr Spesialis Anastesi, penata anastesi, tim medis RSUP H Adam Malik, tim medis RSU Haji Medan, tim medis Dinkes Sumut, tim medis BKB Sumut, tim medis Kesdam Toba, tim medis Dinkes Toba, tim medis Bidokkes Polda Sumut, tim medis RSUD Drs Amri Tambunan.

Unit ambulans diturunkan dari Dokkes Polda Sumut dan RSUD Amri Tambunan dua unit, ambulans Advance VVIP satu unit dari RSUP H Adam Malik, ambulans transport VVIP satu unit dari Dinkes Sumut. Ambulans transport public medical 15 unit, mobil operasi lapangan ukuran Besar BKB Sumut satu unit dan mobil X ray BKB Sumut satu unit.

Public center terdiri dari tim medis dan Ambulance RSU Haji, PSC 119 Dinkes Langkat, PSC 119 Dinkes Deliserdang, RSU Regina Maris Medan, tim medis dan ambulans Dinkes Sumut, tim medis dan Ambulans Kesdam Toba, tim medis Dinkes/Puskesmas Toba.

Ia juga menyebutkan titik Lokasi padat pengunjung 10 titik yaitu Tepi Danau Bistro, Gapura Lbn Silintong, Gereja Advent, sekitaran Hotel Purnama, sekitaran Rutan Balige, simpang Hotel Nabasa Balige, Alfamidi Bukit Barisan, belakang Tribun Penonton Venue, belakang Kantin Ampera dan Jalan Guru Somalaing. (P3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru