28 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Bupati Pakpak Bharat Bagikan Benih Ikan dan Panen Perdana Bawang Merah

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pakpak Bharat (buseronline.com) – Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor membagikan ribuan benih ikan jenis nila dan mujair bagi beberapa kelompok tani di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat. Pada kesempatan itu juga, Franc mengikuti panen perdana bawang merah.

Franc menyampaikan beberapa pesan penting diantaranya agar para petani dapat lebih berinovasi mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Pemerintah memprediksi akan terjadi resesi yang hebat di 2023 mendatang, maka kita harus sudah bersiap dari mulai sekarang. Manfaatkan semua potensi yang ada, serta terus berinovasi demi kemajuan pertanian kita. Imbas resesi ini, besar kecilnya pasti akan sampai ke daerah kita. Maka persiapkan diri kita dari sekarang, persiapkan sistem ekonomi dan pertanian kita, mudah-mudahan akan baik-baik saja,” pesan dia.

Bupati juga menjelaskan bahwa bantuan-bantuan pertanian yang saat ini dicanangkan oleh pemerintah juga bertujuan untuk menopang peningkatan kualitas gizi bagi setiap keluarga.

“Saat ini kita sedang berjuang dalam upaya penanganan stunting yang masih tinggi di wilayah kita, mudah-mudahan nantinya dengan berhasilnya program ini, perikanan, biofolk, pertanian, peternakan dan sebagainya akan dapat menopang ketahanan pangan kita. Jadi oleh karenanya manfaatkan dan rawatlah setiap barang dan bantuan yang kita terima, ini semua untuk kita, untuk kesejahteraan kita,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat Adei Johan Banurea SP MP menjelaskan bahwa bantuan berupa benih ikan dan kolam biofolk yang hari ini diserahkan merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut yang diarahakan untuk kebutuhan para keluarga petani di Kabupaten Pakpak Bharat.

Untuk benih ikan dan kolam biofolk ini adalah bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut, berkat kuatnya sinergitas anatara Pemkab Pakpak Bharat melalui Bapak, Bupati dengan pihak Pemerintah Provisi Sumut, ke depannya kita akan terus berupaya meyakinkan pemerintah atasan kita, bahwa kita memang membutuhkan dan harus mampu mengelola berbagai bantuan ini,” jelasnya.

Namun untuk tanaman bawang merah ini adalah bantuan APBD Kabupaten Pakpak Bharat yang dialokasikan untuk membantu para petani, kelompok tani diantaranya melalui pemberian bantuan bibit bawang, pupuk, obat-obatan dan sebagainya.

Di atas lahan seluas hampir dua hektare, tanaman bawang merah yang ditanam Kelompok Tani “Maju Tani”, Dusun Napa Tolong, Desa Boangmanalu, Tanaman bawang merah tumbuh subur dan kini memasuki masa panen.

“Tanaman bawang merah sangat bagus di daerah ini, cuma saat ini kami kesulitan dalam mengolah lahan ini. Kalau berkenaan mungkin bapak-bapak pemerintah, bapak bupati atau kepala dinas bisalah kiranya membantu kami, mesin pengolah lahan, hand tractor atau sejenisnya akan sangat bermanfaat buat kami,” pinta Ketua Kelompok Maju Tani Ronissama Boang Manalu.

Berita Lainnya

Berita Terbaru