26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Presiden Jokowi Tinjau RSUD Bob Bazar di Lampung Selatan, Fokus pada Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Lampung (buseronline.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr H Bob Bazar SKM di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung fasilitas dan pelayanan kesehatan yang disediakan untuk masyarakat, terutama peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur RSUD Dr H Bob Bazar Reny Indrayani menyatakan bahwa RSUD ini adalah rumah sakit tipe C yang menawarkan pelayanan besar dan sejumlah spesialis. Saat ini, rumah sakit memiliki 26 dokter spesialis, namun masih membutuhkan dokter spesialis jantung, saraf intervensi, dan kanker.

“Rumah sakit ini masih memerlukan dokter spesialis di beberapa bidang seperti jantung, saraf intervensi, dan kanker,” kata Reny.

Reny berharap pemerintah dapat meningkatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit ini. Dengan sebagian besar pasien adalah peserta BPJS, RSUD sering mengalami over kapasitas dengan rata-rata 400-500 pasien rawat inap per bulan, sementara hanya tersedia 250 tempat tidur.

“Saya berharap bisa menambah fasilitas-fasilitas seperti yang tadi dan menambah jumlah ruangan perawatan,” jelasnya.

Beberapa pasien RSUD, seperti Ruslinawati dan Syahrani, menyatakan terima kasih atas pelayanan BPJS yang sangat membantu masyarakat tidak mampu. “Alhamdulillah, pelayanan BPJS bagus. Saya merasa terbantu,” ujar Syahrani, yang telah berobat di RSUD sejak 2016.

Ruslinawati juga menyatakan kepuasannya terhadap pelayanan RSUD dan BPJS, namun berharap fasilitas dan peralatan kesehatan di RSUD bisa lebih lengkap. “Pelayanannya cukup bagus, mungkin alat-alatnya yang harus ditambah. Kalau mau berobat penyakit berat harus ke Bandar Lampung, agak jauh dan makan waktu,” ujarnya.

Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan mengunjungi rumah sakit di daerah selalu menekankan pentingnya peningkatan fasilitas, pelayanan, dan sumber daya manusia di bidang kesehatan di Indonesia. Kunjungan kali ini kembali menegaskan perhatian pemerintah terhadap pelayanan kesehatan, terutama di rumah sakit daerah.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Lampung Samsudin, dan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru