28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Hari Terakhir G20 di Brasil, Menkeu Sri Mulyani Diskusikan Pembiayaan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Brasil (buseronline.com) – Pada hari terakhir rangkaian G20 ke-3 Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting, Jumat (26/7/2024), Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati menghadiri dua sesi pembahasan penting.

Dalam sesi pertama, fokus utama adalah strategi pembiayaan untuk mencapai tujuan terkait iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Menkeu Sri Mulyani membagikan pengalaman Indonesia dalam menangani bencana alam dan menjelaskan tantangan perubahan iklim yang dihadapi negara kepulauan dengan biodiversitas tinggi tersebut.

“Sebagai negara kepulauan, infrastruktur sangat krusial bagi pembangunan di Indonesia. Namun, upaya ini dihadapkan pada tantangan perubahan iklim,” ujar Menkeu, sebagaimana dikutip dari akun Instagram resminya, @smindrawati.

Sesi berikutnya membahas pengembangan mekanisme pembiayaan untuk pembangunan berkelanjutan, yang menjadi tantangan besar setelah pandemi Covid-19.

Menkeu menjelaskan bagaimana Indonesia menjaga kesehatan APBN dengan batas defisit dan rasio utang terhadap PDB yang prudent.

Selain itu, reformasi Bank Pembangunan Multilateral (MDB) juga dibahas agar dapat mendukung capaian pembangunan berkelanjutan lebih efektif.

Dengan berakhirnya pertemuan ini, Menkeu Sri Mulyani mengakhiri agenda kerjanya yang padat di Brasil dan bersiap untuk kembali ke tanah air.

“Hari ini adalah akhir dari agenda kerja saya di Brasil. Saatnya kembali ke tanah air,” ungkapnya. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru