28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Gelar Acara di Dua Kota, HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Lebih Istimewa

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini akan berlangsung secara istimewa dengan rangkaian acara yang digelar di dua lokasi yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tema perayaan tahun ini adalah “Nusantara Baru, Indonesia Maju,” yang mencerminkan transisi penting perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN dan keberlanjutan pemerintahan.

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno perayaan tahun ini menandai momentum transisi pemerintah. “Tema ini menunjukkan peralihan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara dan juga menandakan transisi menuju pemerintahan yang baru,” ujarnya dalam konferensi pers di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

Rangkaian acara dimulai dengan dzikir dan doa kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta. Pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) akan dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo di IKN.

Upacara penganugerahan tanda kehormatan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, sementara pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN serta nota keuangan akan diadakan di Gedung Nusantara, MPR, DPR, DPD.

Apel kehormatan dan renungan suci tahun ini akan digelar secara bersamaan di dua tempat: Taman Kusuma Bangsa di IKN dan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Kegiatan ini akan dipimpin oleh Presiden di IKN dan Wakil Presiden di Kalibata, serta dilaksanakan pada dini hari tanggal 17 Agustus.

Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan dan penurunan bendera Merah Putih akan dilaksanakan di kedua lokasi tersebut. Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara di IKN, sementara upacara di halaman Istana Merdeka mengikuti tata upacara militer di IKN.

Selain itu, akan ada prosesi kirab pengiriman duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi dari Monas ke IKN, serta pameran arsip kepresidenan di Galeri Emiria Soenassa, Taman Ismail Marzuki. Pameran ini akan menampilkan arsip dan memorabilia sejarah ibu kota negara Indonesia.

Mensesneg Pratikno mengajak seluruh lapisan masyarakat di dalam dan luar negeri untuk memeriahkan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan positif.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mempercantik lingkungan dengan ornamen HUT RI dan berpartisipasi dalam kegiatan yang menggembirakan dan penuh makna,” tutupnya. (R3)

Berita Lainnya

Berita Terbaru