28 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

KPU Gandeng Polres Pematangsiantar Jelang Pendaftaran Pilkada 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Pematangsiantar (buseronline.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar meminta bantuan pengamanan kepada Polres Pematangsiantar menjelang pendaftaran pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar untuk Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Pematangsiantar Muhammad Isman Hutabarat mengungkapkan hal tersebut dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar, Sabtu (24/8/2024), di gedung Convention Hall Siantar Hotel Pematangsiantar.

Dalam rakor tersebut, Isman menjelaskan bahwa pengamanan dari pihak kepolisian sangat dibutuhkan selama proses pendaftaran paslon yang akan berlangsung di kantor KPU di Jalan Porsea.

“Kami membutuhkan bantuan pengamanan dari kepolisian saat proses tahapan pendaftaran paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar ke kantor KPU,” ujar Isman.

Ia juga menyebutkan bahwa pendaftaran paslon akan dibuka selama tiga hari, mulai 27 hingga 29 Agustus 2024, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor: 8 Tahun 2024.

Selain meminta bantuan pengamanan, KPU Kota Pematangsiantar juga menjalin koordinasi dengan berbagai instansi terkait, termasuk kejaksaan, pemerintah kota, dan elemen masyarakat lainnya, untuk memastikan semua tahapan Pilkada berjalan dengan lancar dan sukses.

Menanggapi permintaan tersebut, Kasubbag Dalmas Ops Polres Pematangsiantar AKP BR Simanjuntak yang mewakili Kapolres Pematangsiantar menyatakan kesiapan pihak kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama pelaksanaan pendaftaran di kantor KPU.

“Kami siap memberikan rasa aman dan nyaman selama tahapan pelaksanaan Pilkada, khususnya saat pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di kantor KPU,” tegas Simanjuntak.

Ia menambahkan bahwa kesiapan tersebut sudah sesuai dengan Surat Perintah Nomor: Sprin/926/VIII/PAM.1.3/2024, tanggal 23 Agustus 2024, yang menginstruksikan Polres Pematangsiantar untuk melakukan pengamanan terbuka dan tertutup selama proses pendaftaran berlangsung.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kesbang Pol Ali Akbar, Dandim 0207/Simalungun yang diwakili Danramil 01/SU Kapten Inf EJ Sipayung, perwakilan DPRD yang diwakili Baren Alijoyo Purba, Kejari yang diwakili Kasubsi Intel Lamhot E Siburian, Ketua Pengadilan Negeri yang diwakili Rinding Sambara, serta sejumlah perwakilan partai politik se Kota Pematangsiantar.

Dengan adanya pengamanan yang optimal dan koordinasi yang baik antar instansi, diharapkan proses pendaftaran paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar tahun 2024 dapat berjalan dengan tertib dan aman. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru