26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Pertamina dan NEXI Perkuat Kerjasama Transisi Energi

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – PT Pertamina (Persero) dan Nippon Export and Investment Insurance (NEXI), perusahaan asuransi ekspor asal Jepang, semakin memperkuat sinergi mereka melalui penandatanganan Amandemen Nota Kesepahaman (MoU) yang bertujuan mendukung transisi energi, perdagangan, dan investasi. Penandatanganan ini berlangsung di sela-sela Asia Zero Emission Community (AZEC) Ministerial Meeting 2024 yang digelar di Jakarta.

Amandemen MoU ini ditandatangani oleh Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini, dan Senior Managing Executive Officer NEXI, Kazuki Hondo. Sebelumnya, MoU pertama kali ditandatangani pada Pertemuan Menteri AZEC 2023, sebagai landasan kemitraan strategis dalam mendukung perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Jepang.

Menurut Emma Sri Martini, Amandemen MoU ini sangat penting bagi Pertamina dalam menghadapi risiko pendanaan, khususnya pada proyek-proyek energi berskala besar. “Fasilitas asuransi dari NEXI memberikan perlindungan yang lebih kuat bagi Pertamina untuk mendapatkan pembiayaan dengan skema yang lebih menguntungkan. Ini adalah langkah strategis untuk mengurangi potensi risiko finansial dan meningkatkan kepercayaan investor terhadap inisiatif transisi energi kami,” ungkap Emma.

Di sisi lain, Kazuki Hondo menegaskan bahwa kolaborasi ini tidak hanya mendorong tercapainya inisiatif transisi energi, tetapi juga membuka peluang bisnis antara perusahaan Indonesia dan Jepang. “Amandemen ini merupakan bagian penting dari kemitraan kami dengan Pertamina, dan NEXI akan terus mendukung Pertamina dalam menghadapi tantangan di industri energi,” kata Kazuki.

Selain itu, sebagai bagian dari upaya memperkuat pengembangan energi berkelanjutan, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) juga menandatangani MoU dengan NEXI pada acara AZEC 2024. MoU ini ditandatangani oleh Direktur Utama PGEO, Julfi Hadi, dan Kazuki Hondo dari NEXI, dengan fokus pada peningkatan kolaborasi di sektor panas bumi.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menambahkan bahwa kolaborasi ini adalah salah satu langkah penting dalam mempercepat transisi energi yang berkelanjutan di Indonesia. “Pertamina berkomitmen untuk mencapai transisi energi dan menjaga ketahanan energi nasional. Kerjasama dengan NEXI ini adalah bagian dari upaya kami untuk mencapai tujuan tersebut,” jelas Fadjar.

Melalui kesepakatan ini, diharapkan investasi dan kemajuan sektor energi di Indonesia akan semakin meningkat, sejalan dengan tujuan AZEC dan dinamika global menuju energi yang berkelanjutan. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru