26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Menko Hadi: Stabilitas Polhukam Mutlak untuk Pilkada 2024

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jakarta (buseronline.com) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menegaskan pentingnya stabilitas politik, hukum, dan keamanan dalam menyukseskan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal ini disampaikan dalam acara “Peluncuran Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak 2024 dan Kajian Mitigasi Kerawanan Tahapan Pencalonan, Kampanye, dan Pungut Hitung” yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Jakarta.

“Stabilitas Polhukam adalah hal yang sangat penting dan mutlak, karena akan sangat mempengaruhi tahapan Pilkada 2024,” ujar Menko Hadi dalam sambutannya.

Ia menjelaskan bahwa Kemenko Polhukam akan terus mendorong sinergisitas antar Kementerian/Lembaga (K/L) untuk memastikan semua tahapan Pilkada berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Menko Hadi juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bawaslu RI atas inisiatifnya dalam meluncurkan pemetaan kerawanan dan kajian mitigasi yang menyasar tahapan pencalonan, kampanye, dan pungut hitung.

“Hal ini sangat penting untuk menjadi perhatian bersama, terutama dalam mengantisipasi potensi permasalahan yang dapat mengganggu jalannya Pilkada,” tambahnya.

Menko Hadi menekankan bahwa Kemenko Polhukam akan menindaklanjuti hasil kajian ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang telah diatur. Ia juga mengajak seluruh pihak yang hadir, baik secara luring maupun daring, untuk terus memperbarui situasi dan kondisi terkini di lapangan guna meningkatkan kecepatan dan ketepatan informasi.

“Kecepatan dan ketepatan informasi adalah kunci untuk mengantisipasi potensi permasalahan melalui langkah-langkah strategis dan tepat sasaran,” tutup Menko Hadi.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, baik dari kalangan pemerintahan maupun lembaga pemantau pemilu, yang semuanya berkomitmen untuk memastikan Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan aman dan kondusif. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru