27 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Belasan Ribu Massa Antarkan Paslon Satika-Sarlandy Daftar ke KPU Taput, Diusung PDIP dan PKB

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tarutung (buseronline.com) – Belasan ribu massa dalam suasana riang gembira mengantarkan pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Tapanuli Utara (Taput) Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat mendaftar ke KPU Taput untuk bertarung pada Pilkada 27 November 2024. Massa memadati lapangan stadion Tarutung. Cuaca cerah pun sangat mendukung hingga selesai acara.

Sebelum berangkat ke kantor KPU, terlebih dahulu diawali ibadah dan doa pemberangkatan di rumah kediaman Satika Simamora di Jalam Balige Kecamatan Sipohon. Paslon Satika-Sarlandy bersama partai pengusung PDIP dan PKB serta para simpatisan tiba di Kantor KPU Taput di Jalan SM Simanjuntak, Kompleks Pasar Baru Tarutung, Kamis (29/8/2024).

Bersama pasangan Satika-Sarlandy juga tampak hadir Ketua DPC PDIP Taput, Dr Drs Nikson Nababan MSi didampingi Sekretaris DPC PDIP Taput Sabungan Parapat SH, Ketua DPC PKB Tigor Lumbantoruan dan Sekretaris DPC PKB, Doppak Hutasoit dan lainnya. Paslon dan partai pengusung dan pendamping diterima seluruh Komisioner KPU Taput dan Bawaslu Taput.

Tak menunggu lama, partai pengusung atau gabungan partai pengusung kemudian menyerahkan dokumen calon dan dokumen pasangan calon untuk diverifikasi keabsahannya.

Ketua KPU Taput Swardy Pasaribu menyampaikan pasangan calon Satika-Sarlandy diusung oleh gabungan partai PDIP dan PKB.

Pada Pileg 2024, PDIP meraih 9 kursi DPRD dengan suara sah sebanyak 49.095. Kemudian PKB meraih 3 kursi DPRD dengan meraih suara sah 16.881.

Setelah sekitar 2 jam tim verifikator kelengkapan dan keabsahan berkas, Swardy Pasaribu menyatakan berkas dokumen pencalonan pasangan Satika-Sarlandy dinyatakan lengkap dan diterima.

“Dokumen pencalonan pasangan calon Bupati -Wakil Bupati Taput, Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat dinyatakan lengkap dan diterima,” kata Swardy Pasaribu.

“Selanjutnya pasangan calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Dr Pirngadi Medan yang direncanakan pada tanggal 31 Agustus 2024,” katanya.

Setelah dokumen pencalonan dinyatakan lengkap dan diterima KPU, pasangan calon Satika-Sarlandy mengaku akan mengusung “Politik Kasih” pada perhelatan Pilkada Taput 27 November mendatang.

“Hu haholongi do ho (Aku Mengasihi Mu-red), itu yang akan kami lakukan nanti untuk memenangkan Pilkada. Karena warga Taput butuh kasih, butuh sentuhan kasih seorang ibu,” kata Satika Simamora pada sesi wawancara dengan wartawan.

Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat juga yakin memenangkan kontestasi Pilkada, semata-mata karena setiap insan, setiap orang membutuhkan kasih sayang di antara sesama.

“Sekali lagi kami mengusung politik kasih. Hu Haholongi Do Ho,” tegas Satika Simamora dengan optimis.

Hingga waktu menunjukkan pukul 18.00 WIB belum ada tanda-tanda rencana pendaftaran paslon Erikson Sianipar yang sempat terwacana. Terbetik informasi bahwa Erikson ketinggalan “kereta api” karena terjadi pemborongan partai oleh paslon lain.

Komisioner KPU Taput juga belum berani berkomentar apakah dua Paslon atau tiga paslon, karena pendaftaran ditutup pukul 23.59 malam ini.

“Sangat disesalkan terjadinya aksi borong partai sehingga menutup jalan kepada paslon lain. Figur Erikson semula termasuk diunggulkan karena figurnya berkualitas. Mantan petinggi Telkomsel tersebut beberapa tahun terakhir ini terlihat begitu gencar turun ke lokasi pertanian dan menyapa warga Taput. Begitulah akibatnya jika kehabisan tiket”, ujar Goklas Hutabarat di sela-sela acara pendaftaran di KPUD Taput.

Sedangkan sehari sebelumnya terlihat paslon JTP Hutabarat-Dens Lumbantoruan sudah mendaftarkan diri ke KPU Taput. Dengan demikian peserta kontestasi Pilkada Taput hanya terdiri dari dua Paslon. (T1)

Berita Lainnya

Berita Terbaru