28 C
Medan
Kamis, September 19, 2024

Kirab Api PON XXI 2024 Melintasi 18 Daerah Sumut

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Medan (buseronline.com) – Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan melewati 18 kabupaten/kota di Provinsi Sumut, dimulai dari Kabupaten Dairi yang berbatasan dengan Provinsi Aceh.

Acara kirab ini dimulai pada Minggu (1/9/2024) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan PON XXI Aceh-Sumut, di mana obor PON akan diserahkan dari Provinsi Aceh ke Sumut sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar di Indonesia.

Ketua Bidang Upacara Panitia Besar (PB) PON XXI Sumut Mahfullah P Daulay dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumut, menjelaskan bahwa api PON pertama kali akan diterima di perbatasan Aceh-Sumut dan kemudian diarak ke 18 kabupaten/kota di Sumut.

Daerah-daerah yang akan dilalui kirab antara lain Dairi, Karo, Simalungun, Pematangsiantar, Toba, Tapanuli Utara, Sibolga, Padangsidimpuan, Padanglawas Utara, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Asahan, Batubara, Tebingtinggi, Sergai, Deliserdang, hingga Kota Medan.

“Kirab ini akan melibatkan 42 orang yang terbagi dalam dua regu, masing-masing terdiri dari 21 orang. Di setiap perbatasan kabupaten/kota, api PON akan diarak dengan berlari sejauh 2-3 kilometer menuju lokasi upacara yang telah ditentukan, sebelum melanjutkan perjalanan dengan mobil rombongan menuju daerah berikutnya,” jelas Mahfullah P Daulay, Selasa.

Setibanya di Kota Medan pada 8 September 2024, api PON akan diarak menuju Kantor Gubernur Sumut dan bermalam di sana. Keesokan harinya, obor akan dibawa berlari menuju Kantor Wali Kota Medan, kemudian diarak keliling kota hingga tiba di Istana Maimun.

Pada 9 September 2024, api PON akan diarak menuju Stadion Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deliserdang, untuk selanjutnya mengikuti upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Di hari yang sama, pembukaan resmi PON XXI akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Mahfullah juga menambahkan bahwa obor PON dirancang dengan filosofi daerah masing-masing penyelenggara, dengan berat tidak lebih dari 2 kilogram serta tahan terhadap cuaca.

Kirab Api PON ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan meningkatkan antusiasme masyarakat untuk mendukung PON XXI Aceh-Sumut 2024, yang akan menggelar pertandingan di 10 kabupaten/kota di Sumut, yaitu Langkat, Binjai, Medan, Deliserdang, Karo, Sergai, Pematangsiantar, Simalungun, Toba, dan Samosir. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru