26 C
Medan
Jumat, September 20, 2024

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan PON XXI di Aceh

Berita HariIni

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Aceh (buseronline.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka PON XXI 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin malam. Didampingi Ibu Iriana Jokowi, Presiden memulai ajang olahraga terbesar di Indonesia yang diikuti ribuan atlet dari seluruh provinsi di Tanah Air.

Acara pembukaan dimulai pukul 19.30 WIB dengan penampilan penyanyi Tiara Andini yang membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Suasana semakin meriah dengan pembacaan Hymne Aceh, Mars PON, serta pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Ahsin, Juara 2 Qori Cabang Tilawah pada MTQ Internasional di Aljazair 2022.

Tak ketinggalan, tarian tradisional “Aceh Seumapa” yang energik turut menghibur para tamu undangan dan penonton yang memadati stadion.

Setelah defile kontingen PON XXI yang diikuti perwakilan atlet dan ofisial dari seluruh Indonesia, acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) diiringi Hymne PON.

Janji atlet diucapkan oleh Veddriq Leonardo, peraih medali emas cabang panjat tebing di Olimpiade Paris 2024, sementara janji wasit dibacakan oleh KS Hendry Oka, wasit cabang olahraga menembak.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam mempersiapkan PON XXI ini.

“Malam ini saya juga ingin menyampaikan terima kasih (teurimong gaséh) kepada pemerintah daerah dan masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON XXI Aceh-Sumut,” ujar Presiden Jokowi.

Acara pembukaan diakhiri dengan penyalaan kaldron api PON XXI, penayangan video bertajuk “The Light of Aceh” yang menampilkan keindahan budaya Aceh, dan pertunjukan kembang api spektakuler yang menghiasi langit Banda Aceh.

PON XXI 2024 akan diselenggarakan di dua provinsi, Aceh dan Sumut, dengan berbagai cabang olahraga yang diikuti oleh atlet dari seluruh Indonesia. (R)

Berita Lainnya

Berita Terbaru